Jumat, 17 April 2015

Syarat Pendaftaran Brigadir/Bintara Polisi (Pria dan Wanita)

Pendaftaran Polisi Polri. #Brigadirpolisi #Bintarapolri Syarat Pendaftaran Brigadir/Bintara Polisi. Brigadir Polisi / Polri merupakan insan bhayangkara yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan, keterampilan tugas umum kepolisian dan keterampilan pengendalian massa, didukung dengan kondisi fisik yang samapta untuk melaksanakan tugas sebagai pemelihara kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat dlm rangka menyongsong Indonesia hebat.

Syarat Masuk Brigadir/Bintara Polisi


Syarat Masuk Brigadir/Bintara Polisi. Untuk menjadi seorang brigadi polisi, anda harus mengikuti pendafataran brigadir polisi. Untuk mendaftar brigadir polisi, anda harus memenuhi syarat berikut ini:
Syarat Pendaftaran Brigadir Polisi Polri


Persyaratan Umum :
  1. warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  2. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  4. pendidikan paling rendah SMU / sederajat;
  5. usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  6. sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  7. tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  8. berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  9. lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.
Persyaratan Lain / Khusus :
  1. pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. berijazah serendah-rendahnya :
    1. SMA/sederajat jurusan IPA/IPS/Bahasa (bukan lulusan Paket A dan B) atau SMK sesuai dengan kompetensi tugas pokok Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan Nilai Akhir (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal 60,00
    2. lulusan D-III keperawatan :
      • akreditasi minimal B dan IPKminimal 2,75
      • khusus lulusan D-III keperawatan dari Polda Gorontalo, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua barat minimal akreditasi C dengan IPK minimal 2,80
  3. umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Bintara Polri :
o    lulusan SMA/sederajat umur minimal 17 (tujuh belas) tahun 6 (enam) bulan dan maksimal 21 tahun
o    lulusan D-III keperawatan umur minimal 17 (tujuh belas) tahun 6 (enam) bulan dan maksimal 24 tahun
                bagi SMA/sederajat/SMK lulusan tahun 2017 (yang masih kelas III) nilai rapor rata-rata kelas III semester I minimal 60,00 dan setelah lulus menyerahkan ijasah dengan Nilai (gabungan nilai UN dan nilai sekolah) minimal 60,00
                bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemenbuddikdasmen
                tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
o    Pria : 165 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm
o    Wanita : 160 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 158 cm
                belum pernah menikah/hamil atau melahirkan bagi Casis wanita dan belum pernah menikah dan atau mempunyai anak kandung/biologis bagi Casis pria serta sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan Bintara Polri, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus, dibuktikan dengan surat keterangan Lurah/Kades;
                tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
                dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK);
                berdomisili minimal 2 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek
                pendaftaran calon peserta dilaksanakan di tiap-tiap Polres/Pabanrim sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek
                bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian
                bagi calon/peserta yang memiliki prestasi di bidang olahraga/akademik atau prestasi khusus lainnya di tingkat Internasional/Nasional agar melampirkan bukti berupa piagam/medali/sertifikat atau bukti lainnya sebagai bahan pertimbangan talent scouting
                bagi calon/peserta yang berusaha menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
                bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan
o    mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
o    bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri
Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
  1. pemeriksaan administrasi awal;
  2. pemeriksaan kesehatan tahap I;
  3. pemeriksaan dan pengujian psikologi;
  4. pengujian kesamaptaan jasmani;
  5. pengujian akademik, yang meliputi :
    1. ) Pengetahuan Umum;
    2. ) Bahasa Indonesia;
    3. ) Bahasa Inggris;
    4. ) selain melaksanakan uji akademik, untuk calon Bintara TI dan musik dilaksanakan tes kompetensi/keahlian
  6. pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Keswa);
  7. pendalaman PMK;
  8. pemeriksaan administrasi akhir;
  9. sidang terbuka lulus sementara;
  10. sidang terbuka penentuan kelulusan akhir.

Jika anda memenuhi syarat dan tertarik untuk mendaftar, ada beberapa berkas pendaftaran yang perlu anda persiapkan, silahkan lihat DISINI

Info Jadwal pendaftaran Brigadir/Bintara Polri akan saya share melalui postingan : Informasi Pendaftaran Polisi / Polri

Tag: #polisi #polri #brigpol
Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS TNI Polisi Polri Online

Rabu, 15 April 2015

Syarat Pendaftaran AKPOL (Akademi Kepolisian)

Penerimaan Pendaftaran Polisi Polri. #AKPOL Syarat Pendaftaran AKPOL (Akademi Kepolisian) Indonesia. Akpol atau Akademi Kepolisian merupakan unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol yang artinya untuk menjadi Perwira Polisi / Polri haruslah melalui Akademi Kepolisian. Target Lulusan AKPOL adalah menjadi seorang Perwira Polisi /polri tepatnya menjadi Inspektur Polisi Dua.

Syarat Masuk AKPOL


Syarat Masuk AKPOL. Untuk mendaftar AKPOL (Akademi Kepolisian) ada beberapa syarat pendaftaran yang harus diperhatikan dan dipenuhi. Syarat Pendaftaran AKPOL adalah antara lain:

Syarat Pendaftaran AKPOL Indonesia

Syarat Persyaratan Pendaftaran Umum :

  1. warga Negara Indonesia (pria atau wanita)
  2. beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945
  4. sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan)
  5. usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri)
  6. tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat
  7. berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela
  8. lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian

Syarat Persyaratan Pendaftaran Lain :
Persyaratan Khusus :
  1. pria/wanita, bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. berijazah serendah-rendahnya SMA/sederajat jurusan IPA/IPS (bukan lulusan Paket A,B dan C) dengan ketentuan :
    1. nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Akhir Nasional/UAN (bukan nilai gabungan) :
      • tahun 2013 dengan nilai rata-rata minimal 7,0
      • tahun 2014 dengan nilai rata-rata minimal 6,5
      • tahun 2015 s.d. 2016 dengan nilai rata-rata minimal 60,00
      • tahun 2017 dengan nilai rata-rata 70,00
    2. nilai kelulusan rata-rata Hasil Ujian Akhir Nasional/UAN (bukan nilai gabungan) khusus Papua dan Papua Barat :
      • tahun 2013 dengan nilai rata-rata minimal 6,5
      • tahun 2014 dengan nilai rata-rata minimal 6,0
      • tahun 2015 s.d. 2016 dengan nilai rata-rata minimal 60,00
      • tahun 2017 dengan nilai rata-rata minimal 65,00
    3. bagi lulusan tahun 2017 (yang masih kelas III) nilai rapor rata-rata kelas III semester I minimal 70,00 dan setelah lulus menyerahkan nilai Ujian Nasional dengan nilai rata-rata sebagaimana yang tercantum pada point 1 dan 2
    4. bagi yang berusia 16 sampai dengan kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata ujian Nasional minimal 75,00 dan memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan nilai rata-rata 75,00
  3. ketentuan tentang Ujian Nasional perbaikan :
    1. bagi lulusan 2014 s.d. 2016 yang mengikuti Ujian Nasional (UN) perbaikan dapat mengikuti seleksi penerimaan Taruna Akpol T.A. 2017 dengan ketentuan nilai rata-rata memenuhi persyaratan
    2. sedangkan calon peserta yang mengulang di kelas III baik disekolah yang sama atau di sekolah yang berbeda tidak dapat mengikuti seleksi penerimaan Taruna Akpol T.A. 2017
  4. berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada saat pembukaan pendidikan;
  5. tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
    1. pria : 165 (seratus enam puluh lima) cm
    2. wanita : 163 (seratus enam puluh tiga) cm
  6. belum pernah menikah/hamil atau melahirkan bagi peserta calon Taruni dan belum pernah punya anak kandung/biologis bagi peserta calon Taruna serta sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan
  7. tidak bertato/memiliki bekas tato dan tidak ditindik/memiliki bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat
  8. bagi peserta calon Taruna/i yang telah gagal karena pidana/asusila atau Taruna/i yang diberhentikan dengan tidak hormat tidak dapat mendaftar kembali
  9. bagi peserta calon Taruna/i yang berusaha menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  10. dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK)
  11. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian
  12. bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemenbuddikdasmen
  13. berdomisili minimal 1 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek
  14. bagi peserta calon Taruna/i yang berasal dari SMA Taruna Nusantara dan SMA Krida Nusantara yang masih kelas III dapat mendaftar di Polda asal sesuai alamat KTP/KK atau dapat mendaftar untuk SMA Taruna Nusantara di Polda Jateng dan DIY, untuk SMA Krida Nusantara di Polda Jabar, dengan ketentuan mengikuti kuota kelulusan/perankingan pada Polda asal sesuai domisili KTP/KK
  15. bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung saat diangkat menjadi Perwira Polri
  16. memperoleh persetujuan dari orang tua/wali
  17. tidak terikat perjanjian Ikatan Dinas dengan suatu instansi lain
  18. bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan :
    1. mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
    2. bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan , bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol
  19. mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panda dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
    1. pemeriksaan administrasi awal;
    2. pemeriksaan kesehatan tahap I;
    3. pemeriksaan psikologi (tertulis);
    4. pengujian kesamaptaan jasmani dan antropometri;
    5. pengujian akademik, yang meliputi :
1.    ) Pengetahuan Umum;
2.    ) Bahasa Indonesia;
3.    ) Matematika (IPA dan IPS);
                pemeriksaan kesehatan tahap II;
                pemeriksaan Administrasi Akhir;
                sidang terbuka kelulusan tingkat Panitia Daerah;
                mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian tingkat Panitia Pusat (Panpus) dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut :
                sistem gugur meliputi :
0.    Pemeriksaan Administrasi;
1.    Pemeriksaan Kesehatan;
2.    Pemeriksaan Psikologi Wawancara dan Pendalaman PMK
3.    Pengujian Jasmani dan Antropometri
4.    Pemeriksaan Penampilan
                sistem ranking;
§  uji TPA dan TOEFL
                Sidang Terbuka Kelulusan Tingkat Akhir Pusat.

Jika tertarik dan memenuhi syarat, silahkan download, print dan isi persyaratan Berkas DISINI
Ikuti terus: Informasi Penerimaan Pendaftaran Polisi Polri terbaru Tahun 2017 2018


Minggu, 12 April 2015

Informasi Pelaksanaan Tes K2 / Tes CPNS k2 Terbaru

info k2 2015. #k2 #Honorer Menindaklanjuti masih banyaknya tenaga honorer k2 yang belum lulus menjadi CPNS, maka pemerintah rencana awalnya akan mengadakan Tes CPNS untuk Honorer K2 tahun 2015 tapi karena keterbatasan anggaran untuk tahun 2015 maka pengangkatan honorer k2 menjadi CPNS melalui tes, akan dilakukan tahun 2016, diperkirakan sekitar bulan April 2014.

Jumlah kuota yang diusulkan oleh pemerintah untuk CPNS dari tenaga Honorer tahun 2016 adalah sekitar 110 ribu formasi, jumlah ini masih kemungkinan berubah

Jadwal Pelaksanaan Tes K2 2016

Rencana Awal :
Dalam Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI pada Rabu (08/04), Menteri PAN & RB Yuddy Chrisnandi menyampaikan untuk tes untuk eks Tenaga Honorer Kategori 2 (K II) rencananya akan dilaksanakan mulai Bulan Agustus 2015.

Update Terbaru:
Pelaksanaan Pengangkatan CPNS honorer k2 2015 baru bisa dilaksanakan nanti tahun 2016, sekitar bulan April 2016. Semoga saja berjalan sesuai harapan.
http://pendaftaran-cpns.blogspot.com ; Informasi Pelaksanaan Tes K2 CPNS tahun 2015

Sistem Pelaksanaan Tes CPNS untuk Honorer K2 2016


Pelaksanaan tes untuk Honorer k2 Tahun 2016 besar kemungkinan akan menggunakan Tes CPNS Sistem Computer Assisted Test (CAT-BKN).


Sekedar info, bagi yang belum terlalu paham dengan tes sistem CAT, ada baiknya anda membaca Tulisan saya mengenai: Pengenalan Sistem dan Software CAT CPNS

Baca juga: Nasib Honorer K2 yang tidak/belum Lulus Tes

Intinya pelaksanaan Tes k2 diundur hingga tahun 2016, masih ada kesempatan untuk belajar, jadi pergunakanlah kesempatan ini untuk belajar khususnya be
lajar tes CPNS menggunakan software sistem CAT CPNS.

Jumat, 10 April 2015

Lowongan PT PELNI (Persero) Tahun 2015

http://pendaftaran-cpns.blogspot.com ; #lowonganbumn #lowongankerja2015 - Bagi anda yang saat ini mencari lowongan kerja, PT PELNI (Persero) membuka rekrutment / penerimaan / lowongan untuk menjadi bagian dari perusahaan PELNI tahun 2015 ini.

Dalam web resminya dijelaskan bahwa PT. PELNI (Persero) mencari putra putri terbaik bangsa dengan kemampuan yang handal, dapat dipercaya dan tangguh untuk bergabung dalam menjalankan misi dan visi Pelayaran Nasional Indonesia.

PT. PELNI (Persero) selalu memberikan kesempatan bagi pegawai untuk mengembangkan kompetensi diri dengan menyediakan program pelatihan dan pembelajaran.
Lowongan Penerimaan rekrutmen PELNI

Lowongan yang dibuka oleh PT PELNI (Persero) Tahun 2015 periode ini (Pendaftaran secara online hingga tanggal 14 April 2015)  adalah :

IT Programmer
IT Engineer Cabang
IT Engineer Kapal
IT Help Desk
Junior Officer Akuntansi

Bagi anda yang berminat silahkan langsung saja mengunjungi web resmi penerimaan pegawai oleh PT PELNI (Persero) DISINI

Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, silahkan dishare keteman teman atau kerabat anda yang mungkin membutuhkannya, Wassalam :)

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Jumat, 13 Maret 2015

Penerimaan Cara dan Syarat Pendaftaran Taruna TNI

pendaftaran-cpns.blogspot.com - #tni2015 - Pada kesempatan ini saya akan share informasi Pembukaan Penerimaan Cara dan Syarat Pendaftaran Taruna TNI tahun 2015 yang rencananya dibuka tanggal 15 Maret -  8 Mei 2015.

Pembukaan Penerimaan Pendaftaran Taruna / Taruni Akademi TNI 2015 akan dibuka pada tanggal 15 Maret -  8 Mei tahun 2015. Tinggal beberapa hari lagi. Bagi anda yang berminat untuk mendaftar baca baik baik cara dan syarat serta tempat pendaftarannya di seluruh Indonesia.

Cara Pendaftaran Taruna TNI 2015

Bagi anda yang ingin mendaftar, Silahkan baca baik baik Cara pendaftaran yang ada pada gambar dibawah ini, Agar tidak lupa silahkan dicatat atau di save kemudian print gambar tersebut.



Penerimaan Cara dan Syarat Pendaftaran Taruna TNI 2015

Syarat Pendaftaran Taruna TNI 2015

Setelah mengetahui Cara pendaftarannya, Anda harus tau syarat dan Persyaratan untuk mendaftar Taruna TNI 2014 yang ada pada poster dibawah ini. Silahkan dicatat atau disave kemudian diprint.

Penerimaan Cara dan Syarat Pendaftaran Akademi Taruna TNI 2015

Tempat Pendaftaran Akademi Taruna TNI 2015

Bagi anda yang berminat untuk mendaftar, memenuhi syarat dan sudah tau cara pendaftarannya, berikut ini saya share tempat untuk mendaftar di seluruh Indonesia, silahkan pilih tempat pendaftaran yang paling dekat dengan tempat anda tinggal saat ini.

Syarat dan tempat Pendaftaran Taruna TNI 2015

Inilah saat yang ditunggu tunggu, kesempatan untuk bergabung pada kesatuan Tentara Nasional Indonesia melalui akademi Taruna TNI tahun 2015. Suksess untuk kita semua. Jangan lupa share informasi ini kepada teman teman anda semua yang mungkin ingin ikut mendaftar akademi Taruna TNI tahun 2015 ini.

Selasa, 10 Maret 2015

Contoh Surat Permohonan Kerja

Contoh Surat Permohonan Kerja – Yorossiku mina.... ^_^ apa kabar ? moga sehat-sehat saja sama seperti mimin, amin J kali ini mimin akan menulis tentang Contoh Surat Permohonan Kerja. Contoh Surat Permohonan Kerja ini lebih familiar kita dengar dengan sebutan Contoh Surat Lamaran Kerja. Yap!! Surat permohonan kerja kata lainnya surat lamaran kerja, yaitu surat yang dibuat oleh seseorang saat ingin melamar pekerjaan baik pada suatu perusahaan, maupun untuk melamar sebagai CPNS.

Belakangan ini, perusahaan maupun pihak lain pencari tenaga kerja sangat jeli dalam menyeleksi pelamar kerja hanya dari surat lamaran kerjanya, karna itu dalam membuat sebuah surat permohonan kerja atau surat lamaran kerja harus benar, unik, jelas dan berkualitas. Karna berdasarkan beberapa pengalaman teman-teman yang telah berusaha melamar pekerjaan dibeberapa perusahaan dengan nilai bagus, berkas lengkap, namun tetap tidak lolos seleksi, mimin menduga hal ini dikarenakan pertama, pengalaman dari si pelamar (pengalaman yang dimaksud adalah pengalaman-pengalaman yang bertaraf nasional) dan yang kedua adalah cara mem buat surat permohonan kerja yang berkualitas.

Berikut contoh Surat Permohonan Kerja yang bisa mimin share untuk teman-teman pembaca, untuk mendapatkan surat permohonan kerja yang berkualitas, silahkan teman-teman edit sesuai dengan keadaan teman-teman yang sebenarnya. Usahakan memberi kesan optimis, disiplin dan bisa dipercaya dalam surat permohonan kerja teman-teman.


Contoh Surat Permohonan Kerja, lamaran kerja, contoh surat

  
Nah... gimana teman-teman? Semoga puas dengan postingan mimin di atas. Mimin do’ain moga teman-teman para pencari kerja lulus seleksi dan berhasil meraih pekerjaan yang diinginkan, serta diterima baik oleh perusahaan yang dituju. Amin... J

Sebagi penutup, mimin ingin sedikit berbagi kalimat positif yang mudah-mudahan bisa membangkinkan semangat teman-teman : “percayalah, bahwa Nothing Imposimble this world” hehe... moga ngaruh ye,, oya, untuk contoh-contoh surat yang lain seperti contoh surat sakit, contoh surat bersedia ditempatkan dimana saja, contoh surat undangan, dan banyaaaakk contoh surat yang lain udah mimin share disini. Btw tengkiuuu yah dah sempatin baca postx mimin J

Ahir kata, Fighting teman-teman!! ^_^


Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah

Info Lomba Berhadiah . Lomba menulis Cerpen . Ini ada info Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah untuk sobat IDDEV yang...