Minggu, 28 Juni 2015

Pengertian, Format Dan Contoh Surat Pengantar

Pengertian, Format Dan Contoh Surat Pengantar – dalam dunia kerja dan usaha, masalah surat menyurat merupakan hal yang lumrah, apalagi mengenai surat pengantar. Tapi walaupun surat menyurat sudah menjadi hal yang wajib dalam dunia kerja, masih banyak karyawan karyawati yang belum paham atau masih kurang mengerti dengan pengertian, format dan contoh surat pengantar, karena itulah hari ini mimin mencoba menulis mengenai pengertian, format dan contoh surat pengantar.

Pengertian Surat Pengantar

sebelum membuat surat sebaiknya diketahui dahulu pengertian surat pengantar. Surat pengantar merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan pada pihak yang dituju bahwa hal yang ingin dilakukan oleh si pembawa surat telah diketahui dan atas ijin seseorang yang bertanggung jawab. Contohnya, ketika mahasiswa ingin melakukan suatu penelitian di sebuah perusahaan/instansi misalnya, maka mahasiswa tersebut harus membawa surat pengantar dari kampus yang ditanda tangani oleh ketua jurusan atau Dekan Fakultas yang terkait, semisal orang yang berwenang dalam kampus yang mengijinkannya untuk melakukang penelitian di perusahaan tersebut.

Format Surat Pengantar

Format surat pengantar tidak jauh beda dengan format-format surat resmi yang lain. Yaitu jika surat tersebut dikeluarkan/ditulis/dibuat oleh instansi atau perusahaan maka perlu adanya kop surat yang berisi nama dan alamat instansi/perusahaan tersebut. Kemudian alamat yang dituju, isi surat, penutup dan tanda tangan serta nama pembuat surat.

Contoh Surat Pengantar

Agar lebih mudah dipahami mengenai pengertian, format dancontoh surat pengantar, langsung saja lihat contoh surat pengantar berikut :

YAYASAN WAKAF UMI
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
FAKULTAS TEKNIK
KAMPUS II. JL. URIF SUMOHARJO KM. 05 TELP. (0411) 443665 MAKASSAR
_____________________________________________________________________________________________

Nomor                  :        /      / FT-UMI/      /2014
Lamp                     :  -
Hal                          :  PERMINTAAN IZIN UNTUK PENGAMBILAN DATA

                                                     
Kepada Yth.,
Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan
Cq. Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah
( Balitbangda ) Provinsi Sulawesi Selatan
Di-
                Makassar


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan Rahmat Allah SWT, sehubungan dengan penyelesaian Tugas Akhir bagi Mahasiswa :

Nama                             :   Ghifary Furqan Akhmad Putra Agus Salim
Stambuk                       :   034 290 006
Judul Tugas Akhir        :  Makassar Elektronic Center (Penekanan pada Arsitektur Hi - Tech)

Memohon kepada Bapak, agar mahasiswa tersebut di atas dapat diberikan surat pengantar kepada :

(1). Dinas Ekonomi dan Perdagangan
(2). Bapeda Kota Makassar Prov.Sul-Sel
(3). Dinas Pusat Statistik Kota Makassar
(4). Dinas Tata Ruang Wilayah Kota Makassar


Untuk pengambilan data-data yang dibutuhkan dan diperlukan dalam rangka penyelesaian Tugas Akhir Sarjana yang diwajibkan kepadanya berjudul :

Elektronic Center di Makassar (Pendekatan Arsitektur Hi - Tech)


Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan kerja sama yang baik di ucapkan terima kasih.
Wallahu Walliyut Taufiq Walhidayah

                                                                                                                 Makassar,   November 2014
                                                                                                                                      Dekan,


Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT
                                                                                                                           Nips : 103 910 476
Tembusan :
1.       Ketua Jurusan
2.       Arsip

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar pengertian, format dan contoh surat pengantar berikut ini :

Pengertian, Format dan contoh surat pengantar pengambilan data penelitian untuk mahasiswa skripsi tugas ahir

Terima kasih sudah sempat membaca tulisan edisi pengertian, format dan contoh surat pengantar ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman pembaca yang sedang belajar membuat surat yang baik dan benar.  Ada pula contoh surat lainnya disini, kali aja ada contoh surat yang teman-teman pembaca cari.


Ahir kata, jangan lupa minum setelah makan yah, biar gak keselak, sampai jumpa ^_^

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Minggu, 21 Juni 2015

Mendikbud Minta Formasi Guru CPNS 2015 Diadakan

CPNS 2016 Mendikbud Minta Formasi Guru CPNS 2015 Diadakan Dan Ketidaksetujuan atas kebijakan Dari Yuddy Chrisnandi , Menpan-RB tentang peniadaan CPNS Pada tahun 2015 datang langsung dari Mendikbud, Anies Bawesdan, dan Pihak Kemendikbud jelas – jelas menyatakan tidak setuju atas kebijakan kebijakan tersebut.

Untuk Informasi ini telah disampaikan oleh Sumarna Surapranata, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud. Sumarna telah mengatakan jika ada banyak daerah daerah yang membutuhkan guru PNS baru mengingat adanya guru yang pensiun dalam jumlah yang sangat banyak juga.

Dan Berdasarkan data yang dimiliki GTKjuga  menyebutkan jika di seluruh wilayah Indonesia masih memerlukan tenaga pendidik atau guru. Dan telah Tercatat dalam data Angka Kebutuhan Guru (AKG) ada sekitar 492.765 guru PNS yang memang diperlukan.

Dan Adapun rincian data tersebut terdiri dari Profinsi Jawa Barat yang masih memerlukan guru PNS sekitar 99.176 guru. Lalu, Provinsi Jawa Tengah yang juga membutuhkan guru baru sejumlah 54.431 dan Provinsi Jawa Timur sekitar 52.837 guru.

Serta Mungkin untuk sekolah selain negeri bisa memperbantukan proses belajar mengajar kepada para guru bantu dengan status GTT. Namun Bila untuk sekolah negeri, hal ini tidak bisa dilakukan mengingat karena aturan tidak memperbolehkan jika semua kelas dipegang oleh guru bantu, tetap harus ada guru PNSnya.

CPNS 2016Dan Terlebih pengadaan CPNS 2015 formasi guru ini harus dilakukan memngingat karena sejalan dengan Nawa Cita dari Presiden Indonesia, Bpk.Joko Widodo. Lantaran, pemerintah Indonesia akan mendirikan sekitar 8 ribu sampai 10 ribu sekolah baru hingga kurun waktu 2019 mendatang. Terutama untuk mendirikan sekolah yang mendukung program wajib belar 12 tahun.

Dan Sehingga dengan melihat fakta adanya pembanguan sekolah dalam jumlah yang sangat begitu banyak maka sudah pasti tenaga guru juga harus dipersiapkan juga. Apa jadinya jika sekolah banyak tapi tidak ada stock pengajarnya dan gurunya, ungkap Sumarna. Sehingga CPNS 2015 tetap harus diadakan terutatama untuk formasi guru tuturnya.

Dan Nantinya pihak Dari Kemendikbud akan melayang surat kepada Menpan, Yuddy Chrisnandi tentang kebutuhan guru dan pengajar yang dibutuhkan di seluruh wilayah Indonesia. Pengajuan tersebut juga berdasarkan data – data yang sudah ada di lapangan.

Dan Terlebih lagi pengadaan CPNS 2015 masih bisa dilakukan mengingat masih ada sisa uang dari anggaran 2015. Dan Sehingga pengadaan CPNS 2015 formasi guru pasti masih bisa dilaksanakan, kata Sumarna.

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Kamis, 21 Mei 2015

Lowongan CPNS 2015 Sekitar 134 Ribu Formasi Siap Dilaksanakan

Berikut ini adalah informasi Seputar Lowongan CPNS 2015 Sekitar 134 Ribu Formasi Siap Dilaksanakan dan sebelumnya juga kami telah berikan informasi seputar Lowongan Kerja PT Bank Mandiri 2015 dan berikut adalah ulasannya seputar cpns terbaru juni juli 2015;

Berdasarkan Informasi Dari KemenPAN-RB - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi katanya akan berencana membuka kembali formasi lowongan calon pegawai negeri sipil pada tahun ini hingga sebanyak 134 ribu formasi dan Tes tersebut akan digelar dengan menggunakan sistem CAT - Computer Assisted Test.

Dan Dari Sekitar total 134 ribu formasi tersebut ada sekitaran 30 ribu didedikasikan dan diperuntukan untuk honorer K2 dan serta untuk sisanya untuk pelamar umum saja, dan serta Profesi tenaga pendidikan dan serta tenaga kesehatan adalah merupakan yang paling banyak dicari pemerintah untuk dalam seleksi CPNS Tahun 2015 ini.

Menurut KemenPAN-RB Bambang Sumarsono Asdep Koordinasi Kebijakan Penyusunan Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Aparatur Top priority tenaga kesehatan dan guru adalah yang paling dicari pemerintah pada seleksi penerimaan cpns tahun 2015 sekarang.


Informasi CPNS 2015 - 2016


Dan untuk Lowongan CPNS itu dibuka memang karena adanya sisa formasi pada CPNS 2014 yang tidak terpakai dan serta jumlah pensiunan PNS dan serta honorer K2 bodong yang pada sebelumnya telah dinyatakan lulus tes dan Rencananya akan digelar usai lebaran.

Menurut Bambang Moratorium itu tidak harus mutlak karena ketika ada kebutuhan riil yang mendesak tetap sagngat bisa diusulkan kembali dengan seleksi yang ketat supaya regenerasi tetap masih bisa berjalan.

Dan Seperti yang telah diketahui oleh KemenPAN-RB pada beberapa waktu yang lalu telah mengumumkan untuk melakukan moratorium CPNS tersebut dan Hal itu dikarenakan dan disebabkan banyaknya formsai CPNS yang kurang efektif serta efisisen, Namun pada moratorium tersebut tidak berlaku untuk beberapa jabatan yang sangat berkaitan dengan kesehatan dan serta pendidikan.

Dan Itu Saja Info Seputar Informasi Pengumuman Pendaftaran Penerimaan Lowongan CPNS 2015 Sekitar 134 Ribu Formasi Siap Dilaksanakan Terima kasih.

Jumat, 15 Mei 2015

Lowongan Kerja PT Bank Mandiri Terbaru Mei 2015

Sebelumnya Telah Kami Posting Contoh Tanda Terima Barang Berikut Adalah Informasi dari Lowongan Kerja PT Bank Mandiri Terbaru Mei 2015 , Bank Mandiri merupakan salah satu sebuah perbankan milik pemerintah Indonesia yang sudah berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 Silam. Dan Pendirian Bank Mandiri adalah merupakan wujud nyata dari pemerintah Indonesia dalam upaya untuk membantu masyarakat Indonesia akibat lemahnya sebuah sistem perekonomian yang saat itu akibat krisis moneter berkepanjangan. Dan Selain itu keberadaan Bank Mandiri juga merupakan sebuah gabungan dari beberapa perusahaan perbankan yang dimana saat itu sedang cukup mengalami pailit berkepanjangan atau masalah keuangan secara internal. Dan PT Bank Mandiri adalah merupakan gabungan Dari 4 buah perusahaan jasa keuangan yang diantaranya adalah Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya,  Bank Expor Impor Indonesia , Bank Pembangunan Indonesia serta Setoran Tunai Pemerintah waktu itu. Dan hingga Sampai dengan hari dan waktu ini keberadaan Bank Mandiri secara nyata meneruskan sebuah tradisi selama kurang lebih dari 140 tahun sudah memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan serta perekonomian. Dan PT Bank Mandiri (Persero) saat ini telah sangat memiliki lebih dari 1298 kantor cabang yang sudah ada diseluruh wilayah Indonesia, dan selain itu perseroan juga cukup memiliki nasabah dari berbagai latar belakang pekerjaan yang cukup berbeda-beda yakni mulai kelas ekonomi ,menengah ,kebawah sampai dengan sebuah kalangan atas yang sangat biasa melakukan transaksi miliyaran rupiah. Untuk Kinerja Bank Mandiri juga didukung oleh beberapa anak
perusahaan yang telah memberikan kontribusi pendapatan yang baik dan signifikan yaitu sekitar 13% dari laba keuntungan/bersih perseroan untuk setiap tahunnya.

PT Bank Mandiri

PT.Bank Mandiri pada tahun 2015 ini akan lebih mengutamakan sebuah pengucuran dana ke sektor-sektor ekonomi menengah kebawah atau pelaku ekonomi mikro yang merupakan berasal dari pedagang kecil , kalangan nelayan, petani, serta usaha-usaha mikro kecil yang lain. PT Bank Mandiri Kini kembali membuka lowongan Pekerjaan dengan kualifikasi sepereti berikut:

Lowongan Kerja Bank Mandiri 2015

Officer Development Program (ODP)
Persyaratan:
  • Pria atau wanita
  • Minimal lulusan D3 semua jurusan
  • Indek prestasi minimal 2,80
  • Usia tidak lebih dari 27 tahun
  • Single
  • Lulusan universitas swasta maupun negeri
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berkepribadian baik
  • Berpenampilan menarik
  • Mampu berkomunikasi dengan baik
  • Mampu berbahasa inggris
  • Memiliki banyak wawasan
  • Memiliki kemampuan analisa yang baik
  • Mampu mengoperasikan komputer
  • Siap ditempatkan diseluruh kantor cabang di Indonesia

Dan segera Daftarkan diri anda sekarang juga melalui alamat dibawah ini:

PT Bank Mandiri (Persero)
Kantor pusat
Jln Jenderal Gatot Subroto Kav 36 - 38 Jakarta
Jakarta 12190

Informasi lengkapnya Silahkan Lihat DISINI

Itu Saja Informasi Seputar Lowongan Kerja PT Bank Mandiri Terbaru Mei 2015 Terima Kasih.

Rabu, 06 Mei 2015

Contoh Tanda Terima Barang

Contoh Tanda Terima BarangContoh Tanda Terima Barang bisa berupa surat pernyataan. Surat tanda terima barang ini dibuat dan ditanda tangani oleh dua belah pihak yang melakukan serah terima, yaitu pihak pertama yang menerima dan pihak kedua yang menyerahkan, misalnya pada saat transaksi jual beli tanah, maka akan ada surat tanda terima barang yang menyatakan bahwa pihak kedua telah menyerahkan dokumen-dokumen tanah yang dijualnya, dan pihak pertama menyatakan bahwa dia telah menerima dokumen-domkumen tanah tersebut dari pihak kedua, dan ditutup dengan tanda tangan dari kedua belah pihak.

Oke, untuk jelasnya berikut mimin sertakan Contoh Tanda Terima Barang berupa dokumen.

Contoh Tanda Terima Barang (barang berupa dokumen) :

Tanda Terima Dokumen

Tanda terima ini dibuat di Majene pada hari sabtu tanggal 12 april 2015 oleh dan diantara :

1.       Hj. Syamsiah, SE. Direktur, pemegang Kartu Tanda Penduduk No. 707928551843, bertempat tinggal di jl. Daeng Minang Tata no. 11 Karuwisi Utara, dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. Serba Bisa Maju Mundur, suatu Perseroan Terbatas yang berkedudukan di___________________(Pihak Pertama).

2.       Ismail Ishak, pemegang Kartu Tanda Penduduk No. 908654111221, bertempat tinggal di Jl. Ngesot lantai no. 13, Minassa Upa (selanjutnya disebut Pihak Kedua).

Bahwa dalam rangka akan dilaksanakannya transaksi jual-beli tanah hak milik yang terletak di Jl. Chaihil Anwar no. 31, Minassa Upa, dengan sertifikat No. xxx/xxxxx/ atas nama Pihak Kedua (Tanah Hak Milik) dan akan dilaksanakannya pemeriksaan hokum atas Tanah Hak Milik tersebut, maka Pihak Kedua dengan ini menyerahkan kepada Pihak Pertama dan Pihak Pertama dengan ini menerima dari Pihak Kedua, dokumen-dokumen sebagai berikut :

1     1.  Dokumen Sertifikat Tanah
       2.   ______________________
3     3.  ______________________
4     4.  ______________________
5     5. Kwitansi Pembayaran

Demikian surat tanda terima dokumen ini dibuat berdasarkan keadaan yang sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pihak Pertama                   Pihak Kedua


(ttd dan nama)                  (ttd dan nama)


Itu dia Contoh Tanda TerimaBarang berupa dokumen, moga penjelasan diatas jelas dan tidak membingungkan dan teman-teman pembaca paham apa yang dimaksud dengan surat tanda terima barang ^_^  sekedar info, ada juga contoh surat lainnya disini.

Kalimat terahir postingan ini : Makassih minna udah mampir dan menengok tulisan mimin, moga bermanfaat dan bisa menambah wawasan teman-teman pembaca semua yaa…. Arigato minna… J



Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Senin, 04 Mei 2015

Contoh Tanda Terima Proposal

Contoh Tanda TerimaProposalContoh Tanda Terima Proposal yang baik dan benar akan mimin paparkan pada postingan edisi kali ini. Okelah tanpa banyak bacot ba bi bu lagi, langsung aja ke tema Contoh Tanda Terima Proposal.

Tanda Terima Proposal merupakan suatu surat yang menyatakan bahwa proposal telah diterima oleh pihak yang dituju. Pada umumnya Tanda terima proposal ini ditanda tangani oleh dua belah pihak, yaitu yang membawa proposal tersebut dan yang menerimanya. Namun ada pula yang ditanda tangani cukup oleh yang menerima proposal saja. Tapi mimin merekomendasikan bahwa surat tanda terima proposal yang baik dan benar mestilah ditanda tagani oleh kedua belah pihak.

Tanda Terima Proposal bisa berupa surat resmi bisa juga berupa surat pernyataan tak resmi. Berikut mimin hadirkan Contoh Tanda Terima Proposal yang resmi maupun  yang tak resmi.
Contoh Tanda Terima Proposal Resmi, Yaitu tanda terima proposal yang menyertakan kop surat dan ditanda tangani oleh kedua belah pihak, baik yang membawa proposal maupun yang menerima proposal tersebut, berikut contohnya :

Persatuan Mahasiswa Pertambangan
Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya
Jalan Raya Palembang-Prabumulih KM 32,
Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya,indralaya Sumatera Selatan

SURAT TANDA TERIMA PROPOSAL

Saya yang bertanta tangan dibawah ini :
Nama               :
NIP                 :
nama instansi   :
Jabatan    :
Tel/Fax            :

Telah menerima Proposal Permohonan dana untuk kegiatan Parade Tambang 2015 mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya pada tanggal 23 Juli 2015 dengan nomor surat pengantar yaitu xx/xxx/xxx/ yang diserahkan oleh :
Nama               :
NIM                :
No. Telp / HP  :

Demikianlah surat ini saya sampaikan. Semoga dapat digunakan dengan sebaik-baiknya.
11 April 2015
Yang Membawa Proposal                                           Yang Menerima Proposal


(Ttdd dan nama terang pembawa proposal)        (ttd dan nama terang penerima proposal)

Gambar Contoh Tanda Terima Proposal :


Contoh Tanda Terima Proposal Tak Resmi, yaitu tanda terima proposal yang tidak menyertakan kop surat dalam surat tanda terima proposalnya dan hanya ditanda tangani oleh satu pihak, yaitu pihak yang menerima proposal, berikut contohnya :

TANDA TERIMA PROPOSAL

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama                                    : Ahmad Asrory, ST. MT
Nama Perusahaan/Instansi      : Univ. Pembangunan Nasional
Jabatan                                  : Ketua Jurusan Teknik Perminyakan
Telah menerima sebuah proposal penawaran kerja sama sponsorship dari perwakilan panitia pelaksana acara “Inaugurasi Mahasiswa Baru Teknik” pada tanggal : 21 April 2015
Untuk kemudian menyetujui untuk memberi konfirmasi selambat-lambatnya pada tanggal 5 Juni 2015

Penerima Proposal


     (Ahmad Asrory, ST. MT)

Sekian penjelasan mimin tentang Contoh Tanda Terima Proposal, mimin harap bias membantu teman-teman pembaca yang sedang mencari informasi tentang tanda terima proposal. Ada juga contoh surat yang lain disini yang sudah pernah mimin posting sebelumnya.


Makasih banyak untuk teman-teman pembaca yang sempatkan diri mampir dan mentimak goresan mimin dihalaman ini ^_^ ahir kata, jangan lupa cuci tangan sebelum makan yah… see soon ^_^

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Senin, 20 April 2015

Syarat Pendaftaran SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana)

Pendaftaran Polisi Polri. #SIPSS. Syarat Pendaftaran SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana). Menjadi seorang Inspektur Polisi adalah dambaan banyak pemuda Indonesia. Pokoknya keren habis deh. Untuk mejadi seorang Inspektur Polisi / Polri, ada tahapan yang harus dilalui diantaranya mendaftar Polisi melalui jalur SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana).

Untuk mengikuti pendaftaran SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) ada syarat yang harus dipenuhi atau Syarat Pendaftaran SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) yaitu antara lain :

Jurusan / Lulusan yang Diterima :

  1. S2 PROFESI KEDOKTERAN FORENSIK
  2. S2 PROFESI KEDOKTERAN KLINIS
  3. S2 PROFESI PSIKOLOGI
  4. S1 PROFESI KEDOKTERAN UMUM
  5. S1 SENI MUSIK
  6. S1 PSIKOLOGI
  7. S1 KOMUNIKASI
  8. S1 DESAIN GRAFIS/DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
  9. S1 TEKNIK INFORMATIKA
  10. S1 TEKNIK KIMIA
  11. S1 TEKNIK PENERBANGAN
  12. DIV AHLI NAUTIKA TK. III

                      Syarat Persyaratan Pendaftaran Umum :

                      • Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
                      • beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa;
                      • setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
                      • berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun;
                        Syarat Pendaftaran SIPSS POLRI Polisi
                      • sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan minimal setingkat RSUD);
                      • tidak sedang terlibat kasus pidana atau pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK);
                      • berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
                      • bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada Satker sesuai keahlian atau latar belakang program studinya

                      Syarat Persyaratan Pendaftaran Khusus :

                      1. pria dan wanita belum pernah menjadi anggota Polri;
                      2. berijazah :
                        1. S2 Profesi sesuai dengan prodi yang dibutuhkan diatas;
                        2. S1 Profesi sesuai dengan prodi yang dibutuhkan diatas;
                        3. S1 sesuai dengan prodi yang dibutuhkan diatas;
                        4. D-IV Ahli Nautika Tk. III (wajib memiliki ijazah Ahli Nautika Tk. III dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia)
                      3. khusus untuk Prodi Kedokteran :
                        1. Dokter Forensik dan Klinis menyertakan surat keterangan lulus dari Kepala Bagain program pendidikan Dokter Spesialis (ijasah dokter spesialis)
                        2. Dokter umum wajib mempunyai Surat Tanda Selesai Internsip (STSI) dan Surat Tanda Registrasi (STR) definitif
                      4. bagi lulusan yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dengan program studi yang terakreditasi A dan B dengan IPK minimal 2,75 (terdaftar di BAN-PT) wajib melampirkan tanda lulus/ijazah yang dilegalisir/diketahui oleh Pembantu Dekan bidang Akademik
                      5. bagi lulusan Perguruan Tinggi di Luar Negeri wajib melampirkan surat keputusan penyetaraan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendidikan Tinggi
                      6. umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan SIPSS :
                        1. maksimal 33 (tiga puluh tiga) tahun untuk S-2 Profesi;
                        2. maksimal 29 (dua puluh sembilan) tahun untuk S-1 Profesi;
                        3. maksimal 26 (dua puluh enam) tahun untuk S-1/D-IV
                      7. tinggi badan minimal (dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku) :
                        1. pria : 160 (seratus enam puluh) cm
                        2. wanita : 155 (seratus lima puluh lima) cm
                      8. belum pernah menikah (belum pernah hamil/melahirkan) dan sanggup untuk tidak menikah selama dalam pendidikan pembentukan, khusus S-2 Profesi diperbolehkan sudah menikah namun bagi wanita belum mempunyai anak dan sanggup tidak mempunyai anak/hamil selama pendidikan pembentukan
                      9. bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Perwira Polri
                      10. tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan instansi lain;
                      11. mendapat persetujuan dari instansi yang bersangkutan bagi yang sudah bekerja dan pernyataan berhenti dengan hormat bila lulus seleksi dan terpilih masuk pendidikan pembentukan Polri;
                      12. mengikuti dan lulus pemeriksaan dan pengujian sebagai berikut :
                        1. Tingkat daerah dengan sistem ranking (tidak menggugurkan) meliputi :
                          1. pemeriksaan administrasi;
                          2. pemeriksaan kesehatan tahap I;
                          3. pemeriksaan psikologi tertulis;
                          4. pemeriksaan kesehatan tahap II;
                          5. rikmin akhir dan penentuan kelulusan akhir daerah
                        2. Tingkat pusat dengan sistem gugur meliputi :
                          1. pemeriksaan administrasi;
                          2. uji Kompetensi (praktek sesuai Profesi/ Prodi)
                          3. pemeriksaan kesehatan I dan II termasuk (Kesehatan jiwa);
                          4. pemeriksaan psikologi wawancara;
                          5. pemeriksaan PMK/Wawancara;
                          6. uji kesamaptaan jasmani;
                          7. Uji Akademik menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan materi tes Tes Potensi Akademik (TPA) dan TOEFL
                          8. Penentuan Kelulusan Akhir
                        3. nilai Jasmani tetap mempedomani Peraturan Kapolri Nomor: Kep/399N/2015 tanggal 6 Mei 2015 tentang perubahan atas Peraturan Kapolri Nomor: Kep/698/X11/2011 tanggal 28 Desember 2011 tentang pedoman administrasi Ujian Kemampuan Jasmani, renang dan Pemeriksaan Antropometri untuk penerimaan pegawai Negeri pada Polri, sedangkan Nilai Batas Lulus AkhirJasmani adalah 41 dengan nnengabaikan nilai 0 (nol) pada setiap item tes

                      Info Jadwal pendaftaran SIPSS Polri akan saya share melalui postingan : Informasi Jadwal Pendaftaran Polisi / Polri


                      Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah

                      Info Lomba Berhadiah . Lomba menulis Cerpen . Ini ada info Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah untuk sobat IDDEV yang...