Sabtu, 12 Januari 2019

Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran Bintara TNI AD

Penerimaan Pendaftaran Bintara TNI AD 2022 - tag: #tni2022 #tniad #bintaratni #PENERIMAANTNI2022

Pada kesempatan kali ini saya akan share informasi Penerimaan Pendaftaran Bintara TNI AD tahun 2022. Pendaftaran Bintara TNI AD tahun 2022 :

Jadwal Penerimaan Pendaftaran Bintara TNI AD 2022


Inilah Jadwal Penerimaan Pendaftaran Calon Bintara TNI AD Tahun 2022 :

Jadwal Seleksi


JADWAL CABA PK REGULER WANITA DAN KEAHLIAN PRIA 

  • DAFTAR ONLINE  MULAI 3 JANUARI SD 13 JULI 2022 
  • DAFTAR ULANG/VALIDASI TGL 4 S.D. 13 JULI 2022

JADWAL CABA PK REGULER DAN KHUSUS KEAGAMAAN PRIA 

  • DAFTAR ONLINE MULAI 3 JANUARI S.D. 10 AGUSTUS 2022 
  • DAFTAR ULANG/VALIDASI TGL 1 S.D. 10 AGUSTUS 2022 
  • RIK/UJI SUB PANDA TGL 11 S.D. 23 AGUSTUS 2022 
  • RIK/UJI PANDA TGL 25 AGUSTUS S.D.. 2 SEPTEMBER 2022 
  • RIK/UJI PANPUS TGL 8 S.D. 21 SEPTEMBER 2022 
  • BUKA DIK TGL 23 SEPTEMBER 2022

Baca juga:
Info Penerimaan Pendaftaran Bintara TNI AD

SYARAT PENDAFTARAN BINTARA TNI AD


Persyaratan Umum
a. Persyaratan umum. Persyaratan umum yang harus dipenuhi antara lain:

1) warga negara Indonesia;
2) beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
3) setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945;
4) berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama;
5) tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia;
6) sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata; dan
7) tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.


Persyaratan lain.

1) Pria dan/atau wanita, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI. 

2) Berijazah minimal SMA/MA/SMK baik negeri atau swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan persyaratan nilai rata-rata sebagai berikut serta tambahan untuk sumber santri calon merupakan santri lulusan pondok pesantren dan untuk keagamaan di sampaikan waktu daftar ulang/validasi: 

a) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2017, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 38 untuk wilayah lainnya;

 b) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2018, nilai ujian nasional rata-rata minimal 39 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 37 untuk wilayah lainnya; dan 

c) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40.5 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 38.5 untuk wilayah lainnya. 

d) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2019, nilai ujian nasional rata-rata minimal 40.5 (untuk wilayah di Pulau Jawa, Pulau Sumatera dan provinsi Bali) dan minimal 38.5 untuk wilayah lainnya. 

e) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2020, nilai minimal rata-rata raport dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika) adalah 68. 

f) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2021, nilai minimal rata-rata raport dari 3 mata pelajaran (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika) adalah 70. 

g) Lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022, nilai ujian nasional rata-rata akan ditentukan kemudian 3) Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama. 

4) Usia: 

a)  Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 6 Mei 2022 untuk Caba PK sumber Santri Lintas Agama Gel I.

 b)  Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 25 September 2022 untuk Caba PK keahlian Pria, Santri LIntas Agama Gel II dan Reguler Wanita.

 5) Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku. 

6) Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun. 

7) Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

8) Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

 a) Administrasi;

 b) Kesehatan; 

c) Jasmani; 

d) Litpers; dan 

e) Psikologi. 


Persyaratan tambahan. 

1) Harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun. 

2) Orang yang ditunjuk sebagai wali dari yang bersangkutan berdasarkan surat keterangan dari Kecamatan. 

3) Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.

 4) Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

 5) Bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut ditemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.

 6) Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif. 


Persyaratan khusus. 

Memenuhi persyaratan Rik/Uji sesuai dengan ketentuan. 


Cara Pendaftaran Bintara TNI AD 2022


Inilah Cara Pendaftaran Online dan offline Bintara TNI AD Tahun 2022
Tata cara pendaftaran:
  • Calon mendaftar online bintara pk tni ad melalui http://rekrutmen-tni.mil.id sesuai batas waktu yang telah ditentukan
  • Cetak printout formulir pendaftaran
  • Datang ke ajendam/rem terdekat untuk melaksanakan daftar ulang
  • Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti kegiatan seleksi
  • Ikuti tahapan seleksi yang telah diatur oleh panda masing-masing
  • Selama proses kegiatan penerimaan tidak dipungut biaya apapun

Lokasi pendaftaran Ulang Bintara TNI AD 2022


Lokasi pendaftaran Ulang Bintara TNI AD 2022

TEMPAT INFORMASI DAN PENDAFTARAN
1.       KODAM I/BB
-        KODAM I/BB MEDAN, JL. GATOT SUBROTO KM 7,5 MEDAN, 061-8451300
-        KOREM 022/PT SIANTAR, JL. ASAHAN KM 3,5 SIANTAR, 0622-7550071
-        KOREM 023/KS SIBOLGA, JL. DATUK IMAM NO. 1 SIBOLGA, 0631-22805
-        KOREM 031/WB PEKANBARU, JL. MAYOR ALI RASYID NO. 1 PEKANBARU, 0761-33031
-        KOREM 032/WBR PADANG, JL. SAMUDERA NO. 1 PADANG, 0751-23365
-        KOREM 033/WP TANJUNG PINANG, JL. SEI TIMUN KM 14 TJ PINANG, 0771-7333025

2.       KODAM II/SWJ
-        AJENDAM II/SWJ PALEMBANG, JL. URIP SUMOHARJO KEL 2 ILIR PALEMBANG, 0711-713868
-        AJENREM 041/GAMAS BENGKULU, JL. INDRAGIRI NO 28 PADANG HARAPAN BENGKULU, 0736-23952
-        AJENREM 042/GAPU JAMBI, JL. DR AK GANI NO. 3 KEL PASAR JAMBI, 0741-23191
-        AJENREM 043/GATAM LAMPUNG, JL. SOEKARNO HATTA BY PASS (DEPAN RS IMMANUEL), 0721-702074
-        KOREM 045/GAYA BABEL, JL. RAYA KOBA KM 28, KAB BANGKA TENGAH, BANGKA BELITUNG 0717-9112322

3.       KODAM III/SLW
-        AJENDAM III/SLW BANDUNG, JL. BOSCHA NO. 4 BANDUNG, 022-2038102
-        AJENREM 061/SK BOGOR, JL MERDEKA NO. 120 BOGOR, 0251-8383269
-        AJENREM 062/TN GARUT, JL. BRATAYUDHA 65 GARUT, 0262-2800147
-        AJENREM 063/SGJ CIREBON, JL. BYPASS BRIGJEN DARSONO NO 4 CIREBON, 0231-203996
-        AJENREM 064/MY SERANG, JL. MAULANA YUSUF NO. 9 SERANG, 0254-200208

4.       KODAM IV/DIP
-        AJENDAM IV/DIP SEMARANG, JL. P. KEMERDEKAAN WATUGONG SEMARANG, 074-7474738, 7472249
-        AJENREM TIPE B 071 PURWOKERTO, JL JEND SUTOYO N0. 2 PURWOKERTO 0281-637341
-        AJENREM TIPE A 072, JL RING ROAD BARAT KM 5,6 DEMAK IJO YOGYAKARTA 0274-566325
-        AJENREM 074/WRT, JL. JL. ADISUCIPTO NO 210 MANAHAN SURAKARTA, 0271-719101 

5.       KODAM V/BRW
-        AJENREM TIPE “B” 083 MALANG, JL. KESATRIAN E7 MALANG 0341-326039
-        AJENREM TIPE “B” 081 MADIUN, JL. DR SOETOMO NO. 1 MADIUN, 0351-484782
-        AJENREM TIPE “B” 082 MOJOKERTO, JL. GAJAH MADA NO. 6 MOJOKERTO, 0321-321078
-        AJENREM TIPE “B” 084 SURABAYA, JL. KEREMBANGAN BARAT NO 65 SURABAYA, 031-3551057

6.       KODAM VI/MLW
-        KODAM VI/MLW BALIKPAPAN, JL. JEND. SUDIRMAN BALIKPAPAN, 0542-425342
-        KOREM 091/ASN SAMARINDA, JL. GAJAHMADA NO 11 SAMARINDA 0541-73143
-        AJENREM 101/ANT BANJARMASIN, JL. PIERE TENDEAN NO 22 BANJARMASIN, 0511-3252141

7.       KODAM IX/UDY
-        AJENDAM IX/UDY BALI, JL PB SUDIRMAN DENPASAR, 0361-228029
-        AJENREM 161/WIRASAKTI KUPANG, JL CENDANA NO 7 KUPANG, 0380-821072
-        AJENREM 162/WB MATARAM, JL MALOMBA AMPENAN KOTA MATARAM, 0370-621273

8.       KODAM XII/TPR
-        KODAM XII/TPR PONTIANAK, JL. ADISUCIPTO KM 6 SEI RAYA PONTIANAK, 0561-723583
-        KOREM 102/PJ PALANGKARAYA, JL IMAM BONJOL NO 5 PALANGKARAYA, 0561-724435
-        KOREM 121/ABW SINTANG, JL. PANGERAN KUNING NO. 1 SINTANG, 0565-2025674

 9.       KODAM XIII/MDK
-        AJENDAM XIII/MDK MANADO, JL. A. YANI 19 SARIO MANADO, 0431-862011
-        KOREM 132/TDL PALU, JL. PRAMUKA NO 44 PALU, 0451-421333

 10.     KODAM XIV/HSN
-        KODAM XIV/HSN MAKASAR, JL. URIP SUMOHARJO KM 7 MAKASSAR, 0411-853108
-        KOREM 141/TP BONE, JL. ORDE BARU NO 6 WATAMPONE BONE, 0481-21076
-        AJENREM 142/TTG PAREPARE, JL VETERAN NO 1 KEL UJUNG SABBANG KEC UJUNG KOTA PAREPARE SULSEL 0421-23117
-        AJENREM TIPE “B” 143/HO KENDARI, JL. DRS H ABD SILONDAE 41 KENDARI, 0401-321444

 11.     KODAM XVI/PTM
-        AJENDAM XVI/PTM AMBON, JL AJEN NO 1 BATU GAJAH AMBON, 0911-313537
-        KOREM 152/BBL TERNATE, JL. PIPIT NO 30 BELAKANG BENTENG TERNATE MALUKU UTARA, 0921-328006

12.     KODAM XVII/CEN
-        AJENDAM XVII/CEN JAYAPURA, JL. DIPONEGORO KEL. GURABESI JAYAPURA UTARA, 0967-533854
-        AJENREM 173/PVB BIAK, JL MAJAPAHIT GG TRIKORA 1 NO 9 BELAKANG RRI BIAK, 0981-21471
-        KOREM 174/ATW MERAUKE, JL. LB MOERDANI TANAH MIRING MERAUKE PAPUA, 0971-321707

13.     KODAM XVIII/KSR
-        KODAM XVIII/KSR MANOKWARI, JL. TRIKORA ARFAI MANOKWARI PAPUA BARAT 
-        KOREM 171/PVT SORONG, JL PRAMUKA 1 SORONG, 0951-331405

 14.     KODAM JAYA JAKARTA, JL MAYJEN SUTOYO NO 5 CILILITAN JAKTIM, 021-8091114

15.     KODAM IM BANDA ACEH
-        KODAM IM BANDA ACEH, JL NYAK ADAM KAMIL II NO B1 BANDA ACEH, 0651-266786 
-        KOREM 011/LW LHOKSEUMAWE, JL ISKANDAR MUDA NO 5 LHOKSEUMAWE KAB ACEH UTARA 0645-43196
-        KOREM 012/TU MEULABOH, JL. ALUE PEUNYARING DESA UJONG TANOH DARAT KEC MEUREBO KAB ACEH BARAT 0655-7556010


itulah Tempat pendaftaran ulang Bintara TNI AD 2022 silahkan kunjungi.

Jika tertarik Tempat daftaran Online BINTARA TNI AD 2022 : Rekrutmen Bintara TNI AD

Baca Juga : Info Penerimaan Pendaftaran TNI AD (TAMTAMA DAN AKMIL)

Itulah Info Penerimaan Pendaftaran Bintara TNI AD 2022 yang bisa saya share pada tulisan kali ini di blog tentang Informasi CPNS dan Lowongan Kerja ini. Informasi ini akan saya update setelah ada perkembangan selanjutnya. Semoga bermanfaat  

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran Taruna AKMIL TNI AD

Pendaftaran AKMIL 2022. Tahun ini, TNI AD kembali membuka pendaftaran untuk Taruna Akademi Militer (AKMIL) bagi semua lulusan SMA/MA yang memenuhi syarat. Bagi yang ingin menjadi Perwira TNI AD melalui pendidikan Taruna AKMIL, silahkan lihat Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran AKMIL tahun 2022 berikut ini.

Jadwal Pendaftaran AKMIL 2022


Inilah Jadwal Pendaftaran Taruna AKMIL 2022 :

REGULER 

  • DAFTAR ONLINE: 3 JAN S.D. 27 MEI 2022 
  • DAFTAR ULANG DAN VALIDASI: 17 S.D. 27 MEI 2022 
  • RIK/UJI SUB PANDA : 30 MEI S.D. 10 JUNI 2022 
  • RIK/UJI PANDA: 20 S.D 29 JUNI 2022 
  • RIK/UJI AKADEMIK: 30 JUNI S.D. 1 JULI 2022 
  • RIK/UJI PANPUS: 7 S.D. 28 JULI 2022 
  • PEMBUKAAN PENDIDIKAN GEL I: 1 AGUSTUS 2022


Ingat baca : Syarat Pendaftaran AKMIL
Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran AKMIL TNI AD

Syarat Pendaftaran TARUNA AKMIL 2022


Berikut ini adalah syarat pendaftaran Taruna AKMIL TNI AD tahun 2022:

a.         Persyaratan umum :

  1. warga negara Indonesia;
  2. beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  3. setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945;
  4. berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama;
  5. tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia (dilengkapi pada saat calon mengikuti pemeriksaan psikologi);
  6. sehat jasmani dan rohani ; dan
  7. tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.


b. Persyaratan lain.

1    laki-laki, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.
2    berijazah minimal SMA/MA dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:
  • Lulusan SMA/MA tahun 2018, program IPA dan IPS, dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 46,00; 
  • Lulusan SMA/MA tahun 2019, program IPA dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 47,50 dan IPS dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 42,00; 
  • Lulusan SMA/MA tahun 2020, -  program IPA nilai rata-rata raport semester I s.d VI terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 70 dan tidak ada nilai di bawah 60. -  program IPS nilai rata-rata raport semester I s.d VI terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi minimal 75 dan  tidak ada nilai di bawah 60 
  • Lulusan SMA/MA tahun 2021, program IPA dan IPS nilai rata-rata raport dari kelas X s.d. XII terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 75 dan tidak ada nilai dibawah 65; dan
  • Lulusan SMA/MA tahun 2022, program IPA dan IPS nilai rata-rata minimal UAN akan ditentukan kemudian.
3    memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
4      belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 1 (satu) tahun setelah selesai pendidikan pertama.
5    bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.
6)   bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
7)   harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi:

  • administrasi;
  • kesehatan;
  • jasmani;
  • mental ideologi;      
  • psikologi; dan          
  • akademik.     


c.          Persyaratan tambahan.

  1. harus ada surat persetujuan orang tua/wali dan selama proses penerimaan prajurit TNI AD tidak melakukan intervensi terhadap panitia penerimaan maupun penyelenggara pendidikan pertama dalam bentuk apapun, kapanpun dan dimanapun.
  2. tidak berlaku nilai remedial dan bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan di luar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud atau Disdik Kota/Kabupaten.
  3. tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.
  4. bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung, apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma, jika pelanggaran tersebut ditemukan di kemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama. 
  5. memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif. 


CARA PENDAFTARAN


Berikut ini adalah tata cara pendaftaran Taruna AKMIL TNI AD tahun 2022:
  1. Calon mendaftar Online Taruna Akmil melalui website penerimaan prajurit TNI yaitu di alamat https://rekrutmen-tni.mil.id sesuai batas waktu yang telah ditentukan. (Bagi calon yang belum memahami cara mendaftar melalui Online dapat langsung datang ke tempat pendaftaran untuk mendapatkan penjelasan dari petugas pendaftaran bagaimana cara mendaftar dengan membawa persyaratan administrasi sesuai ketentuan yang berlaku)
  2. Cetak Printout formulir pendaftaran
  3. Datang ke Ajendam/Rem terdekat untuk melaksanakan daftar ulang (di luar tanggal yang telah ditentukan adalah tidak sah)
  4. Persiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti kegiatan seleksi
  5. Ikuti tahapan seleksi yang telah diatur oleh Panda masing-masing
  6. Selama proses kegiatan penerimaan tidak dipungut biaya apapun


Lokasi/tempat Informasi dan Pendaftaran AKMIL 2022


Berikut ini adalah daftar lokasi pendaftaran AKMIL 2022 : TEMPAT INFORMASI DAN PENDAFTARAN

Lokasi Pendaftaran
TEMPAT INFORMASI DAN PENDAFTARAN:
1.       KODAM I/BB
  • KODAM I/BB MEDAN, JL. GATOT SUBROTO KM 7,5 MEDAN, 061-8451300
  • KOREM 023/KS SIBOLGA, JL. DATUK IMAM NO. 1 SIBOLGA, 0631-22805
  • KOREM 031/WB PEKANBARU, JL. MAYOR ALI RASYID NO. 1 PEKANBARU, 0761-33031
  • KOREM 032/WBR PADANG, JL. SAMUDERA NO. 1 PADANG, 0751-23365

2. KODAM II/SWJ
  • AJENDAM II/SWJ PALEMBANG, JL. URIP SUMOHARJO KEL 2 ILIR PALEMBANG, 0711-713868
  • AJENREM 041/GAMAS BENGKULU, JL. INDRAGIRI NO 28 PADANG HARAPAN BENGKULU, 0736-23952
  • AJENREM 042/GAPU JAMBI, JL. DR AK GANI NO. 3 KEL PASAR JAMBI, 0741-23191
  • AJENREM 043/GATAM LAMPUNG, JL. SOEKARNO HATTA BY PASS (DEPAN RS IMMANUEL), 0721-702074  

3. KODAM III/SLW
  • AJENDAM III/SLW BANDUNG, JL. BOSCHA NO. 4 BANDUNG, 022-2038102
  • AJENREM 061/SK BOGOR, JL MERDEKA NO. 120 BOGOR, 0251-8383269
  • AJENREM 062/TN GARUT, JL. BRATAYUDHA 65 GARUT, 0262-2800147
  • AJENREM 063/SGJ CIREBON, JL. BYPASS BRIGJEN DARSONO NO 4 CIREBON, 0231-203996
  • AJENREM 064/MY SERANG, JL. MAULANA YUSUF NO. 9 SERANG, 0254-200208

4. KODAM IV/DIP
  • AJENDAM IV/DIP SEMARANG, JL. P. KEMERDEKAAN WATUGONG SEMARANG, 074-7474738, 7472249
  • AJENREM TIPE B 071 PURWOKERTO, JL JEND SUTOYO N0. 2 PURWOKERTO 0281-637341
  • AJENREM TIPE A 072, JL RING ROAD BARAT KM 5,6 DEMAK IJO YOGYAKARTA 0274-566325
  • AJENREM 074/WRT, JL. JL. ADISUCIPTO NO 210 MANAHAN SURAKARTA, 0271-719101  

5.       KODAM V/BRW
  • AJENREM TIPE “B” 083 MALANG, JL. KESATRIAN E7 MALANG 0341-326039
  • AJENREM TIPE “B” 081 MADIUN, JL. DR SOETOMO NO. 1 MADIUN, 0351-484782
  • AJENREM TIPE “B” 082 MOJOKERTO, JL. GAJAH MADA NO. 6 MOJOKERTO, 0321-321078 
  • AJENREM TIPE “B” 084 SURABAYA, JL. KEREMBANGAN BARAT NO 65 SURABAYA, 031-3551057 
6.       KODAM VI/MLW
  • KODAM VI/MLW BALIKPAPAN, JL. JEND. SUDIRMAN BALIKPAPAN, 0542-425342
  • AJENREM 101/ANT BANJARMASIN, JL. PIERE TENDEAN NO 22 BANJARMASIN, 0511-3252141 
7.       KODAM IX/UDY
  • AJENDAM IX/UDY BALI, JL PB SUDIRMAN DENPASAR, 0361-228029
  • AJENREM 161/WIRASAKTI KUPANG, JL CENDANA NO 7 KUPANG, 0380-821072
  • AJENREM 162/WB MATARAM, JL MALOMBA AMPENAN KOTA MATARAM, 0370-621273
8.       KODAM XII/TPR
  • KODAM XII/TPR PONTIANAK, JL. ADISUCIPTO KM 6 SEI RAYA PONTIANAK, 0561-723583
  • KOREM 102/PJ PALANGKARAYA, JL IMAM BONJOL NO 5 PALANGKARAYA, 0561-724435 
9.       KODAM XIII/MDK
  •  AJENDAM XIII/MDK MANADO, JL. A. YANI 19 SARIO MANADO, 0431-862011
10.     KODAM XIV/HSN
  • KODAM XIV/HSN MAKASAR, JL. URIP SUMOHARJO KM 7 MAKASSAR, 0411-853108
  • KOREM 141/TP BONE, JL. ORDE BARU NO 6 WATAMPONE BONE, 0481-21076
  • AJENREM 142/TTG PAREPARE, JL VETERAN NO 1 KEL UJUNG SABBANG KEC UJUNG KOTA PAREPARE SULSEL 0421-23117
  • AJENREM TIPE “B” 143/HO KENDARI, JL. DRS H ABD SILONDAE 41 KENDARI, 0401-321444
11.     KODAM XVI/PTM
  • AJENDAM XVI/PTM AMBON, JL AJEN NO 1 BATU GAJAH AMBON, 0911-313537
  • KOREM 152/BBL TERNATE, JL. PIPIT NO 30 BELAKANG BENTENG TERNATE MALUKU UTARA, 0921-328006  
12.     KODAM XVII/CEN
  • AJENDAM XVII/CEN JAYAPURA, JL. DIPONEGORO KEL. GURABESI JAYAPURA UTARA, 0967-533854
  • AJENREM 173/PVB BIAK, JL MAJAPAHIT GG TRIKORA 1 NO 9 BELAKANG RRI BIAK, 0981-21471
  • KOREM 174/ATW MERAUKE, JL. LB MOERDANI TANAH MIRING MERAUKE PAPUA, 0971-321707 
13.     KODAM XVIII/KSR
  • KODAM XVIII/KSR MANOKWARI, JL. TRIKORA ARFAI MANOKWARI PAPUA BARAT  
  • KOREM 171/PVT SORONG, JL PRAMUKA 1 SORONG, 0951-331405 
14.     KODAM JAYA JAKARTA, JL MAYJEN SUTOYO NO 5 CILILITAN JAKTIM, 021-8091114
15.     KODAM IM BANDA ACEH, JL NYAK ADAM KAMIL II NO B1 BANDA ACEH, 0651-266786


SUMBER Itulah Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran AKMIL TNI AD tahun 2022. Lihat Juga Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran TNI AD (Tamtama dan Bintara) 2022

 Semoga sukses ya :) 

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Senin, 07 Januari 2019

CPNS 2023 Kab. Tanah Bumbu : Informasi Lowongan dan Jadwal Pendaftaran CPNS PEMKAB Tanah Bumbu

CPNS Kabupaten Tanah Bumbu 2023Info Penerimaan CPNS 2023 PEMKAB Kabupaten TANAH BUMBU : Informasi mengenai Jadwal Penerimaan Cara Pendaftaran Lowongan Pengadaan Rekrutmen dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Tanah Bumbu 2023 secara Online.

Kabupaten Tanah Bumbu. Pemerintah berencana untuk membuka kembali penerimaan cpns tahun ini. Bagi anda yang ingin mengikuti penerimaan cpns tahun ini di Pemda / PEMKAB Tanah Bumbu, Inilah Info Lowongan Penerimaan Pendaftaran dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2023.


Info Kabupaten (Kab.) Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL) Indonesia


Kabupaten Tanah Bumbu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL), Indonesia. Duluya Kabupaten ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Kotabaru. Ibukota kabupaten ini terletak di Batulicin. Tepatnya ibukota Kab. Tanah Bumbu berada di Kelurahan Gunung Tinggi yang dulunya bernama Desa Pondok Butun. Adapun yang menjadi sentra kegiatan usaha dan ekonomi adalah Simpang Empat, yang dulunya merupakan bagian dari Kecamatan Batulicin sebelum dimekarkan menjadi Kecamatan Simpang Empat.

logo lambang cpns kab Kabupaten Tanah BumbuKabupaten ini memiliki luas wilayah 5.066,96 km² dan jumlah penduduk sebanyak 267.913 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010). Kabupaten Tanah Bumbu merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kotabaru yang ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tanggal 20 Maret 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Balangan di Provinsi Kalimantan Selatan. Berdasarkan undang-undang tersebut, Kabupaten Tanah Bumbu selalu merayakan hari jadinya pada tanggal 20 Maret setiap tahunnya. Nama historis yang pernah digunakan untuk menyebut daerah kabupaten ini adalah Tanah Koesan - 1879[2] & Tanah Bumbu Selatan.


Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023

Lowongan CPNS 2023 Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu. Pembukaan Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu bertujuan untuk mengisi beberapa kebutuhan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu, baik karena pensiunnya beberapa tenaga PNS maupun karena masih dibutuhkannya penambahan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu.

Pemerintah rencananya akan membuka kembali Lowongan CPNS tahun 2023 ini. dengan demikian, PEMKAB Tanah Bumbu berpeluang untuk mendapatkan kuota formasi CPNS 2023 sehingga bisa membuka Lowongan CPNS 2023 di Lingkup PEMKAB Tanah Bumbu. Jumlah Lowongan disesuaikan dengan jumlah kuota formasi cpns yang diterima oleh PEMKAB Tanah Bumbu dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)


Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023

Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023 disesuaikan dengan kebutuhan tenaga ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkup PEMKAB Tanah Bumbu. Formasi ASN yang lebih diprorioritaskan adalah:

  • CPNS : jabatan tertentu seperti; hakim, jaksa, dosen dan tenaga teknis tertentu
  • PPPK: tenaga guru, kesehatan, penyuluh dan tenaga teknis.

Formasi CPNS PEMKAB Tanah Bumbu bisa dilihat pada pengumuman penerimaan CPNS nanti melalui web resmi penerimaan CPNS PEMKAB Tanah Bumbu. baca poin : Web Resmi Penerimaan CPNS PEMKAB Tanah Bumbu


Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023

Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023. Berikut ini adalah beberapa syarat pendaftaran cpns secara umum yang harus dipenuhi:

  • Umur Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 tahun
  • Pendidikan minimal S1 (Kecuali untuk formasi tertentu)
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis;
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
  • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;

Syarat tambahan menyusul / diumumkan kemudian


Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023

Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023. Berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS PEMKAB Tanah Bumbu 2023:

Pendaftaran Online:

  • Untuk Pendaftaran Online KTP elektronik yang sudah terdata di DUKCAPIL

Berkas Pendaftaran:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah dan transkrip Nilai yang sudah dilegalisir
  • Fotokopi Akreditasi Universitas / Jurusan
  • Berkas lainnya ......


Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023

Bagi yang bertanya tanya, kapan penerimaan CPNS 2023 Tanah Bumbu dibuka? atau Bulan berapa penerimaan CPNS Tanah Bumbu dibuka? Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023 akan disesuaikan dengan jadwal penerimaan CPNS 2023 secara Nasional yang diatur oleh BKN sebagaimana Jadwal pelaksanaan cpns tahun tahun sebelumnya.

Pelaksanaan penerimaan CPNS Tanah Bumbu tahun 2023 kemungkinan besar dilaksanakan serempak dengan penerimaan CPNS tahun 2023 oleh semua PEMDA (Pemerintah Daerah) yang mendapat alokasi kuota cpns 2023. Pastinya setelah penerimaan secara nasional dibuka. Baca juga informasi jadwal penerimaan cpns 2023 secara Nasional pada postingan : Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2023.


Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023

Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu 2023 seperti tahun sebelumnya yaitu akan dilaksanakan melalui web resmi pendaftaran CPNS 2023 bersama dengan pendaftaran online oleh semua instansi. Pendaftaran online cpns 2023 dilakukan melalui 1 web khusus oleh BKN yaitu sscasn.bkn.go.id


    Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu Tahun 2023

    Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu Tahun 2023 dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk Seleksi Kompetisi Dasar (SKB) dan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB).

    Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Terdiri atas Tes Intelegensi Umum (TIU), Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kepribadian (TK). Seleksi Kompetisi Bidang terdiri atas tes tentang wawasan sesuai jabatan formasi yang didaftar.

    Tes sistem CAT merupakan tes dengan menggunakan Aplikasi tes di komputer. Tes CAT ini terbukti lebih efisien, lebih efektif dan lebih terpercaya. Hal ini karena setelah pelaksanaan tes, Nilai sendiri dan Keseluruhan peserta yang telah mengikuti tes bisa dilihat langsung.

    Bagi yang ingin lebih mahir melaksanakan tes CPNS dengan sistem CAT, dapatkan Aplikasinya yang bisa dibuka di Laptop maupun di HP Android. Aplikasi latihan soal CAT CPNS bisa didapatkan DISINI : Aplikasi Software CAT CPNS


    Web Resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu Tahun 2023

    Web resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Bumbu Tahun 2023. Berikut ini adalah web resmi Penerimaan CPNS Tanah Bumbu tahun 2023.

    Web resmi Pendaftaran CPNS 2023 : sscasn.bkn.go.id

    Informasi Jadwal pendaftaran, formasi dan Syarat serta pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Hasil SKD dan SKB serta Pengumuman Kelulusan akan diumumkan di web resmi BKD / BKPSDM / BKPP Kabupaten Tanah Bumbubkd.tanahbumbukab.go.id


    Hal yang Perlu Diwaspadai pada Penerimaan CPNS Tahun 2023

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat penerimaan CPNS 2023 antara lain :

    1. Hati - Hati CALO

    Katakan Tidak pada Calo, Jangan percaya pada Calo. Pelaksanaan CPNS transparan dan bebas biaya

    2. Hati - hati modus Rubah Nilai

    Untuk mengantisipasi adanya perubahan nilai saat pengumuman nanti, berikut ini yang perlu dilakukan: Setelah Selesai Tes CAT, usahakan Tulis Nilai yang didapat (TWK, TIU dan TK),

    Rekam / Foto papan daftar Nilai Peserta di luar ruangan yang biasanya ditampilkan.


    Tempat Melaporkan Kecurangan Penerimaan CPNS

    Jika anda mengalami kecurangan pada pelaksanaan penerimaan CPNS, anda bisa melaporkan hal tersebut ke:

    • Instansi Penyelenggara, cek di : sscasn.bkn.go.id/kontak
    • Kantor Ombudsman RI atau melalui e-mail timwascpns@ombudsman.go.id

    Biar Laporannya diterima sertakan Bukti ya

    Sambil menunggu CPNS 2023 ini, anda bisa memilih atau mencari Lowongan Kerja lainnya di Kabupaten Tanah Bumbu atau di seluruh wilayah Indonesia yang sesuai dengan Minat dan Bidang anda masing masing.

    Rabu, 02 Januari 2019

    CPNS 2023 Kab. Tanah Laut : Informasi Lowongan dan Jadwal Pendaftaran CPNS PEMKAB Tanah Laut

    CPNS Kabupaten Tanah Laut 2023Info Penerimaan CPNS 2023 PEMKAB Kabupaten TANAH LAUT. Informasi mengenai Jadwal Penerimaan Cara Pendaftaran Lowongan Pengadaan Rekrutmen dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Tanah Laut 2023 secara Online.

    Kabupaten Tanah Laut. Pemerintah berencana untuk membuka kembali penerimaan cpns tahun ini. Bagi anda yang ingin mengikuti penerimaan cpns tahun ini di Pemda / PEMKAB Tanah Laut, Inilah Info Lowongan Penerimaan Pendaftaran dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Tanah Laut tahun 2023.


    Info Kabupaten (Kab.) Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL) Indonesia


    Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu kabupaten di  Provinsi Kalimantan Selatan (KALSEL), Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pelaihari yang merupakan pusat kegiatan Kabupaten Tanah Laut. Kab. Tanah Laut terletak pada posisi 114°30'20 BT – 115°23'31 BT dan 3°30'33 LS - 4°11'38 LS. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 3.631,35 km². Alternatif penulisan nama Tanah Laut adalah Tanah Lawut. Motto daerah ini adalah "Tuntung Pandang" (bahasa Banjar) sedangkan maskot fauna daerah adalah "kijang emas".
    logo lambang cpns kab Kabupaten Tanah Laut
    Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1965, tentang Pembentukan Daswati II Tapin, Tabalong dan Tanah Laut, maka pada tanggal 2 Desember 1965 dilaksanakan upacara peresmian berdirinya Daswati II Tanah Laut oleh Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah DR. Soemarno. Dengan demikian tanggal 2 Desember dicatat sebagai Hari Jadi Kabupaten Tanah Laut yang diperingati setiap tahunnya.


    Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023

    Lowongan CPNS 2023 Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut. Pembukaan Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut bertujuan untuk mengisi beberapa kebutuhan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut, baik karena pensiunnya beberapa tenaga PNS maupun karena masih dibutuhkannya penambahan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut.

    Pemerintah rencananya akan membuka kembali Lowongan CPNS tahun 2023 ini. dengan demikian, PEMKAB Tanah Laut berpeluang untuk mendapatkan kuota formasi CPNS 2023 sehingga bisa membuka Lowongan CPNS 2023 di Lingkup PEMKAB Tanah Laut. Jumlah Lowongan disesuaikan dengan jumlah kuota formasi cpns yang diterima oleh PEMKAB Tanah Laut dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)


    Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023

    Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023 disesuaikan dengan kebutuhan tenaga ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkup PEMKAB Tanah Laut. Formasi ASN yang lebih diprorioritaskan adalah:

    • CPNS : jabatan tertentu seperti; hakim, jaksa, dosen dan tenaga teknis tertentu
    • PPPK: tenaga guru, kesehatan, penyuluh dan tenaga teknis.

    Formasi CPNS PEMKAB Tanah Laut bisa dilihat pada pengumuman penerimaan CPNS nanti melalui web resmi penerimaan CPNS PEMKAB Tanah Laut. baca poin : Web Resmi Penerimaan CPNS PEMKAB Tanah Laut


    Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023

    Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023. Berikut ini adalah beberapa syarat pendaftaran cpns secara umum yang harus dipenuhi:

    • Umur Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 tahun
    • Pendidikan minimal S1 (Kecuali untuk formasi tertentu)
    • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
    • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
    • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis;
    • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
    • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;

    Syarat tambahan menyusul / diumumkan kemudian


    Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023

    Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023. Berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS PEMKAB Tanah Laut 2023:

    Pendaftaran Online:

    • Untuk Pendaftaran Online KTP elektronik yang sudah terdata di DUKCAPIL

    Berkas Pendaftaran:

    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Ijazah dan transkrip Nilai yang sudah dilegalisir
    • Fotokopi Akreditasi Universitas / Jurusan
    • Berkas lainnya ......


    Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023

    Bagi yang bertanya tanya, kapan penerimaan CPNS 2023 Tanah Laut dibuka? atau Bulan berapa penerimaan CPNS Tanah Laut dibuka? Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023 akan disesuaikan dengan jadwal penerimaan CPNS 2023 secara Nasional yang diatur oleh BKN sebagaimana Jadwal pelaksanaan cpns tahun tahun sebelumnya.

    Pelaksanaan penerimaan CPNS Tanah Laut tahun 2023 kemungkinan besar dilaksanakan serempak dengan penerimaan CPNS tahun 2023 oleh semua PEMDA (Pemerintah Daerah) yang mendapat alokasi kuota cpns 2023. Pastinya setelah penerimaan secara nasional dibuka. Baca juga informasi jadwal penerimaan cpns 2023 secara Nasional pada postingan : Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2023.


    Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023

    Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut 2023 seperti tahun sebelumnya yaitu akan dilaksanakan melalui web resmi pendaftaran CPNS 2023 bersama dengan pendaftaran online oleh semua instansi. Pendaftaran online cpns 2023 dilakukan melalui 1 web khusus oleh BKN yaitu sscasn.bkn.go.id


      Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut Tahun 2023

      Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut Tahun 2023 dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk Seleksi Kompetisi Dasar (SKB) dan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB).

      Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Terdiri atas Tes Intelegensi Umum (TIU), Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kepribadian (TK). Seleksi Kompetisi Bidang terdiri atas tes tentang wawasan sesuai jabatan formasi yang didaftar.

      Tes sistem CAT merupakan tes dengan menggunakan Aplikasi tes di komputer. Tes CAT ini terbukti lebih efisien, lebih efektif dan lebih terpercaya. Hal ini karena setelah pelaksanaan tes, Nilai sendiri dan Keseluruhan peserta yang telah mengikuti tes bisa dilihat langsung.

      Bagi yang ingin lebih mahir melaksanakan tes CPNS dengan sistem CAT, dapatkan Aplikasinya yang bisa dibuka di Laptop maupun di HP Android. Aplikasi latihan soal CAT CPNS bisa didapatkan DISINI : Aplikasi Software CAT CPNS


      Web Resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut Tahun 2023

      Web resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Tanah Laut Tahun 2023. Berikut ini adalah web resmi Penerimaan CPNS Tanah Laut tahun 2023.

      Web resmi Pendaftaran CPNS 2023 : sscasn.bkn.go.id

      Informasi Jadwal pendaftaran, formasi dan Syarat serta pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Hasil SKD dan SKB serta Pengumuman Kelulusan akan diumumkan di web resmi BKD / BKPSDM / BKPP Kabupaten Tanah Lautbkpsdm.tanahlautkab.go.id


      Hal yang Perlu Diwaspadai pada Penerimaan CPNS Tahun 2023

      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat penerimaan CPNS 2023 antara lain :

      1. Hati - Hati CALO

      Katakan Tidak pada Calo, Jangan percaya pada Calo. Pelaksanaan CPNS transparan dan bebas biaya

      2. Hati - hati modus Rubah Nilai

      Untuk mengantisipasi adanya perubahan nilai saat pengumuman nanti, berikut ini yang perlu dilakukan: Setelah Selesai Tes CAT, usahakan Tulis Nilai yang didapat (TWK, TIU dan TK),

      Rekam / Foto papan daftar Nilai Peserta di luar ruangan yang biasanya ditampilkan.


      Tempat Melaporkan Kecurangan Penerimaan CPNS

      Jika anda mengalami kecurangan pada pelaksanaan penerimaan CPNS, anda bisa melaporkan hal tersebut ke:

      • Instansi Penyelenggara, cek di : sscasn.bkn.go.id/kontak
      • Kantor Ombudsman RI atau melalui e-mail timwascpns@ombudsman.go.id

      Biar Laporannya diterima sertakan Bukti ya

      Sambil menunggu CPNS 2023 ini, anda bisa memilih atau mencari Lowongan Kerja lainnya di Kabupaten Tanah Laut atau di seluruh wilayah Indonesia yang sesuai dengan Minat dan Bidang anda masing masing.

      Selasa, 01 Januari 2019

      CPNS 2023 Kabupaten Supiori : Informasi Lowongan dan Jadwal Pendaftaran CPNS PEMKAB Supiori

      CPNS Kabupaten SUPIORI 2023Info Penerimaan CPNS 2023 PEMKAB Kabupaten SUPIORI : Informasi mengenai Jadwal Penerimaan Cara Pendaftaran Lowongan Pengadaan Rekrutmen dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Supiori 2023 secara Online. https://www.iddev.website/ Inilah Info Penerimaan Pendaftaran dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Supiori tahun 2023.



      Info Kabupaten (Kab.) Supiori Provinsi Papua Indonesia


      CPNS PEMKAB Kabupaten Supiori

      Kabupaten Supiori adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua, Indonesia. Pusat pemerintahan Kabupaten Supiori terletak di Sorendiweri. Kabupaten Supiori ada di Pulau Supiori yang dipisahkan dengan Pulau Biak oleh Selat Sorendiweri. Kedua pulau ini terhubung oleh jembatan sepanjang 100 meter yang berada di atas Selat Sorendiweri.

      Dari Biak, Kabupaten Supiori dapat ditempuh lewat jalan darat melalui 3 jalur, jalur tersebut adalah : jalur lewat Biak Utara berjarak 90 kilometer dengan waktu tempuh 2-3 jam.

      Dua jalur lewat Biak Barat, Jalur Lewat Samber berjarak 80 km ditempuh dengan waktu 2-2,5 jam, jalur Lewat Boibaken dan Syabes berjarak 78 kilometer dengan waktu tempuh 2-2,5 jam perjalanan.



      Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023


      Lowongan CPNS 2023 Kabupaten (PEMKAB) Supiori. Pembukaan Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori bertujuan untuk mengisi beberapa kebutuhan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Supiori, baik karena pensiunnya beberapa tenaga PNS maupun karena masih dibutuhkannya penambahan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Supiori.

      Pemerintah rencananya akan membuka kembali Lowongan CPNS tahun 2023 ini dengan formasi yang terbatas. Dengan demikian, PEMKAB Supiori berpeluang untuk mendapatkan kuota formasi CPNS 2023 sehingga bisa membuka Lowongan CPNS 2023 di Lingkup PEMKAB Supiori.


      Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023


      Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023 disesuaikan dengan kebutuhan tenaga ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkup PEMKAB Supiori. Rencana prioritas formasi ASN kab Supiori:

      CPNS : dosen dan tenaga teknis tertentu

      PPPK: tenaga guru, kesehatan, penyuluh dan tenaga teknis.

      Pemerintah juga berencana untuk membuka formasi CPNS 2023 jalur khusus untuk putra putri Papua.

      Formasi CPNS PEMKAB Supiori bisa dilihat pada pengumuman penerimaan CPNS nanti melalui web resmi penerimaan CPNS PEMKAB Supiori. baca poin : Web Resmi Penerimaan CPNS PEMKAB Supiori



      Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023


      Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023. Berikut ini adalah beberapa syarat pendaftaran cpns secara umum yang harus dipenuhi:

      • Umur Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 tahun
      • Pendidikan minimal S1 (Kecuali untuk formasi tertentu)
      • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
      • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
      • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
      • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis;
      • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
      • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;
      • Syarat tambahan menyusul / diumumkan kemudian


      Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023


      Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023. Berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS PEMKAB Supiori 2023:

      Pendaftaran Online:
      • Untuk Pendaftaran Online KTP elektronik yang sudah terdata di DUKCAPIL

      Berkas Pendaftaran:
      • Fotokopi KTP
      • Fotokopi Ijazah dan transkrip Nilai yang sudah dilegalisir
      • Fotokopi Akreditasi Universitas / Jurusan
      • Berkas lainnya ......


      Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023


      Banyak yang bertanya tanya, kapan penerimaan CPNS 2023 Supiori dibuka? atau Bulan berapa penerimaan CPNS Supiori dibuka? Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023 akan disesuaikan dengan jadwal penerimaan CPNS 2023 secara Nasional yang diatur oleh BKN sebagaimana Jadwal pelaksanaan cpns tahun sebelumnya.

      Pelaksanaan penerimaan CPNS Supiori tahun 2023 kemungkinan besar dilaksanakan serempak dengan penerimaan CPNS tahun 2023 oleh semua PEMDA (Pemerintah Daerah) yang mendapat alokasi kuota cpns 2023. Baca juga postingan : Info Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2023

      *Jadwal penerimaan CPNS ini masih menunggu pengumuman lebih lanjut


      Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023


      Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori 2023 seperti tahun sebelumnya yaitu akan dilaksanakan melalui web resmi pendaftaran CPNS 2023 bersama dengan pendaftaran online cpns 2023 oleh semua instansi. Pendaftaran online cpns 2023 dilakukan melalui 1 web khusus oleh BKN yaitu sscasn.bkn.go.id


      Web Resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori Tahun 2023


      Web resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori Tahun 2023. Berikut ini adalah web resmi Penerimaan CPNS Supiori tahun 2023.

      Web resmi Pendaftaran CPNS 2023 : sscasn.bkn.go.id

      Informasi Jadwal pendaftaran, formasi dan Syarat serta pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Hasil SKD dan SKB serta Pengumuman Kelulusan akan diumumkan di web resmi Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Supiorihttp://supiorikab.go.id

      Informasi CPNS Kabupaten Supiori juga akan diumumkan di Kantor BKD / Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Supiori.


      Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori Tahun 2023


      Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Supiori Tahun 2023 dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk Seleksi Kompetisi Dasar (SKB) dan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB).

      Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Terdiri atas Tes Intelegensi Umum (TIU), Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kepribadian (TK). Seleksi Kompetisi Bidang terdiri atas tes tentang wawasan sesuai jabatan formasi yang didaftar.

      Tes sistem CAT merupakan tes dengan menggunakan Aplikasi tes di komputer. Tes CAT ini terbukti lebih efisien, lebih efektif dan lebih terpercaya. Hal ini karena setelah pelaksanaan tes, Nilai sendiri dan Keseluruhan peserta yang telah mengikuti tes bisa dilihat langsung.

      Bagi yang ingin lebih mahir melaksanakan tes CPNS dengan sistem CAT, dapatkan Aplikasinya yang bisa dibuka di Laptop maupun di HP Android. Aplikasi latihan soal CAT CPNS bisa didapatkan DISINI : Aplikasi Software CAT CPNS


      Hal yang Perlu Diwaspadai pada Penerimaan CPNS Tahun 2023


      Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat penerimaan CPNS 2023 antara lain :

      1. Hati - Hati CALO
      Katakan Tidak pada Calo, Jangan percaya pada Calo. Pelaksanaan CPNS transparan dan bebas biaya

      2. Hati - hati modus Rubah Nilai
      Untuk mengantisipasi adanya perubahan nilai saat pengumuman nanti, berikut ini yang perlu dilakukan: Setelah Selesai Tes CAT, usahakan Tulis Nilai yang didapat (TWK, TIU dan TK),
      Rekam / Foto papan daftar Nilai Peserta di luar ruangan yang biasanya ditampilkan.


      Tempat Melaporkan Kecurangan Penerimaan CPNS


      Jika anda mengalami kecurangan pada pelaksanaan penerimaan CPNS, anda bisa melaporkan hal tersebut ke:

      • Instansi Penyelenggara, cek di : https://sscasn.bkn.go.id/kontak
      • Kantor Ombudsman RI atau melalui e-mail timwascpns@ombudsman.go.id
      • Melalui situs lapor.go.id (dikelola oleh Staf Kepresidenan RI)
      • Melalui Twitter: @Lapor1708

      Biar Laporannya diterima sertakan Bukti ya


      Sambil menunggu CPNS 2023 ini, anda bisa memilih atau mencari Lowongan Kerja lainnya di Kabupaten Supiori atau di seluruh wilayah Indonesia yang sesuai dengan Minat dan Bidang anda masing masing.

      CPNS 2023 Kab. Bulungan : Informasi Lowongan dan Jadwal Pendaftaran CPNS PEMKAB Bulungan

      CPNS Kabupaten Bulungan 2023Info Penerimaan CPNS 2023 PEMKAB Kabupaten BULUNGAN : Informasi mengenai Jadwal Penerimaan Cara Pendaftaran Lowongan Pengadaan Rekrutmen dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Bulungan 2023 secara Online.

      Kabupaten Bulungan. Pemerintah berencana untuk membuka kembali penerimaan cpns tahun ini. Bagi anda yang ingin mengikuti penerimaan cpns tahun ini di Pemda / PEMKAB Bulungan, Inilah Info Lowongan Penerimaan Pendaftaran dan Formasi CPNS PEMKAB Kabupaten Bulungan tahun 2023.


      Info Kabupaten (Kab.) Bulungan Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA) Indonesia


      Kabupaten Bulungan (dahulu bernama Kabupaten Bulongan) merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA), Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Selor. Nama Bulungan berasal dari sebuah Kesultanan yang pernah ada di daerah tersebut yaitu Kesultanan Bulungan yang berkedudukan di Tanjung Palas.

      logo lambang cpns Kab Kabupaten BulunganKab. Bulungan sebelumnya merupakan wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Sejak tahun 1999, kabupaten ini telah dimekarkan menjadi tiga kabupaten dan satu kota masing-masing Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan dan Kota Tarakan. Pada tahun 2013, keempat wilayah otonom tersebut beserta Kabupaten Tana Tidung memisahkan diri dari Kalimantan Timur dan menjadi wilayah provinsi baru Kalimantan Utara.

      Pada tanggal 17 Juli 2007, dalam Sidang Paripurna DPR RI telah disetujui pembentukan kabupaten baru, yaitu Kabupaten Tana Tidung yang merupakan pemekaran dari wilayah Kabupaten Nunukan dan Bulungan. Dari Nunukan, kecamatan Sembakung dipindahkan menjadi wilayah kabupaten baru tersebut, sedangkan dari Bulungan, dipindahkan tiga kecamatan, yaitu Sesayap, Sesayap Hilir dan Tanah Lia.


      Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023

      Lowongan CPNS 2023 Kabupaten (PEMKAB) Bulungan. Pembukaan Lowongan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan bertujuan untuk mengisi beberapa kebutuhan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Bulungan, baik karena pensiunnya beberapa tenaga PNS maupun karena masih dibutuhkannya penambahan tenaga PNS di Kabupaten (PEMKAB) Bulungan.

      Pemerintah rencananya akan membuka kembali Lowongan CPNS tahun 2023 ini. dengan demikian, PEMKAB Bulungan berpeluang untuk mendapatkan kuota formasi CPNS 2023 sehingga bisa membuka Lowongan CPNS 2023 di Lingkup PEMKAB Bulungan. Jumlah Lowongan disesuaikan dengan jumlah kuota formasi cpns yang diterima oleh PEMKAB Bulungan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN)


      Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023

      Formasi CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023 disesuaikan dengan kebutuhan tenaga ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkup PEMKAB Bulungan. Formasi ASN yang lebih diprorioritaskan adalah:

      • CPNS : jabatan tertentu seperti; hakim, jaksa, dosen dan tenaga teknis tertentu
      • PPPK: tenaga guru, kesehatan, penyuluh dan tenaga teknis.

      Formasi CPNS PEMKAB Bulungan bisa dilihat pada pengumuman penerimaan CPNS nanti melalui web resmi penerimaan CPNS PEMKAB Bulungan. baca poin : Web Resmi Penerimaan CPNS PEMKAB Bulungan


      Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023

      Syarat Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023. Berikut ini adalah beberapa syarat pendaftaran cpns secara umum yang harus dipenuhi:

      • Umur Minimal 18 tahun dan Maksimal 35 tahun
      • Pendidikan minimal S1 (Kecuali untuk formasi tertentu)
      • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
      • Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
      • Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
      • Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis;
      • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan;
      • Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar;

      Syarat tambahan menyusul / diumumkan kemudian


      Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023

      Berkas Pendaftaran CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023. Berikut ini adalah berkas yang harus disiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS PEMKAB Bulungan 2023:

      Pendaftaran Online:

      • Untuk Pendaftaran Online KTP elektronik yang sudah terdata di DUKCAPIL

      Berkas Pendaftaran:

      • Fotokopi KTP
      • Fotokopi Ijazah dan transkrip Nilai yang sudah dilegalisir
      • Fotokopi Akreditasi Universitas / Jurusan
      • Berkas lainnya ......


      Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023

      Bagi yang bertanya tanya, kapan penerimaan CPNS 2023 Bulungan dibuka? atau Bulan berapa penerimaan CPNS Bulungan dibuka? Jadwal Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023 akan disesuaikan dengan jadwal penerimaan CPNS 2023 secara Nasional yang diatur oleh BKN sebagaimana Jadwal pelaksanaan cpns tahun tahun sebelumnya.

      Pelaksanaan penerimaan CPNS Bulungan tahun 2023 kemungkinan besar dilaksanakan serempak dengan penerimaan CPNS tahun 2023 oleh semua PEMDA (Pemerintah Daerah) yang mendapat alokasi kuota cpns 2023. Pastinya setelah penerimaan secara nasional dibuka. Baca juga informasi jadwal penerimaan cpns 2023 secara Nasional pada postingan : Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS 2023.


      Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023

      Pendaftaran Online CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan 2023 seperti tahun sebelumnya yaitu akan dilaksanakan melalui web resmi pendaftaran CPNS 2023 bersama dengan pendaftaran online oleh semua instansi. Pendaftaran online cpns 2023 dilakukan melalui 1 web khusus oleh BKN yaitu sscasn.bkn.go.id


        Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan Tahun 2023

        Pelaksanaan Tes CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan Tahun 2023 dilaksanakan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk Seleksi Kompetisi Dasar (SKB) dan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB).

        Seleksi Kompetisi Dasar (SKD) Terdiri atas Tes Intelegensi Umum (TIU), Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Kepribadian (TK). Seleksi Kompetisi Bidang terdiri atas tes tentang wawasan sesuai jabatan formasi yang didaftar.

        Tes sistem CAT merupakan tes dengan menggunakan Aplikasi tes di komputer. Tes CAT ini terbukti lebih efisien, lebih efektif dan lebih terpercaya. Hal ini karena setelah pelaksanaan tes, Nilai sendiri dan Keseluruhan peserta yang telah mengikuti tes bisa dilihat langsung.

        Bagi yang ingin lebih mahir melaksanakan tes CPNS dengan sistem CAT, dapatkan Aplikasinya yang bisa dibuka di Laptop maupun di HP Android. Aplikasi latihan soal CAT CPNS bisa didapatkan DISINI : Aplikasi Software CAT CPNS


        Web Resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan Tahun 2023

        Web resmi Penerimaan CPNS Kabupaten (PEMKAB) Bulungan Tahun 2023. Berikut ini adalah web resmi Penerimaan CPNS Bulungan tahun 2023.

        Web resmi Pendaftaran CPNS 2023 : sscasn.bkn.go.id

        Informasi Jadwal pendaftaran, formasi dan Syarat serta pengumuman Hasil Seleksi Administrasi, Hasil SKD dan SKB serta Pengumuman Kelulusan akan diumumkan di web resmi Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Bulungan : www.bulungan.go.id


        Informasi CPNS Kabupaten Bulungan juga akan diumumkan di web resmi penerimaan cpns, di Kantor Bupati dan di Kantor BKD / BKPSDM / BKPP Kabupaten Bulungan.

        Hal yang Perlu Diwaspadai pada Penerimaan CPNS Tahun 2023

        Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat penerimaan CPNS 2023 antara lain :

        1. Hati - Hati CALO

        Katakan Tidak pada Calo, Jangan percaya pada Calo. Pelaksanaan CPNS transparan dan bebas biaya

        2. Hati - hati modus Rubah Nilai

        Untuk mengantisipasi adanya perubahan nilai saat pengumuman nanti, berikut ini yang perlu dilakukan: Setelah Selesai Tes CAT, usahakan Tulis Nilai yang didapat (TWK, TIU dan TK),

        Rekam / Foto papan daftar Nilai Peserta di luar ruangan yang biasanya ditampilkan.


        Tempat Melaporkan Kecurangan Penerimaan CPNS

        Jika anda mengalami kecurangan pada pelaksanaan penerimaan CPNS, anda bisa melaporkan hal tersebut ke:

        • Instansi Penyelenggara, cek di : sscasn.bkn.go.id/kontak
        • Kantor Ombudsman RI atau melalui e-mail timwascpns@ombudsman.go.id

        Biar Laporannya diterima sertakan Bukti ya

        Sambil menunggu CPNS 2023 ini, anda bisa memilih atau mencari Lowongan Kerja lainnya di Kabupaten Bulungan atau di seluruh wilayah Indonesia yang sesuai dengan Minat dan Bidang anda masing masing.

        Rabu, 26 Desember 2018

        Contoh Soal Pendamping Desa

        Salam semuanya :)

        Pada kesempatan ini saya selaku Admin pendaftaran-cpns.blogspot.com akan membagikan Contoh Latihan Soal Pendamping Desa.


        Contoh soal ini saya tujukan bagi anda semua terutama bagi yang berencana mengikuti tes tertulis pada penerimaan pendamping desa, semoga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. Contoh soal ini saya peroleh dari FP SFP. Latihan soal ini merupakan latihan tes tertulis Pendamping Lokal Desa 2017 dan masih digunakan untuk Latihan Tes Tertulis Pendamping Lokal Desa tahun 2018 di beberapa wilayah / provinsi.

        Tes Tertulis Pendamping Desa terdiri atas 50 - 60 soal pilihan ganda (A, B, C, D) yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Tes tertulis tersebut akan menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), jadi harus menyiapkan pensil 2B.

        Contoh Soal Pendamping Desa


        Berikut ini adalah contoh soal Latihan Tes Tertulis Pendamping Lokal Desa :

        Latihan Tes Tertulis Pendamping Lokal Desa 2017 - 2018

        Latihan Tes Tertulis Penerimaan Pendamping Lokal Desa 2018
        ===================================
        Latihan Tes Tertulis Pendamping Desa 2017

        Petunjuk:
        • (1) Waktu tes tulis selama 90 menit;
        • (2) Jumlah soal tes tulis sebanyak 60 soal dalam bentuk pilihan ganda (masing-masing soal memiliki bobot 1);
        • (3) Peserta tes tulis mengisi jawaban pada lembar jawaban komputer (LJK) yang disediakan dengan menggunakan pensil 2B;
        • (4) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi;
        • (5) Jika pada LJK terdapat jawaban kosong (tidak dihitamkan) maka komputer tidak bisa membaca lembar jawaban Anda
        1. Kawasan pedesaan merupakan kawasan yang mempunyai kegiatan pertanian, pengelolaan SDA, pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan …
        • A. pelayanan pendidikan
        • B. pelayanan transportasi
        • C. pelayanan kehidupan beragama
        • D. kegiatan ekonomi
        2. Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang antara lain:
        • A. mengatur dan mengurus hak asal usul
        • B. mengadakan hubungan keluar dengan negara lain
        • C. mengadili di pengadilan desa
        • D. menarik pajak penghasilan
        3. Desa berkedudukan di wilayah…
        • A. propinsi
        • B. kabupaten/kota
        • C. daerah khusus
        • D. kecamatan
        4. Salah satu syarat pembentukan desa adalah batas usia desa induk paling sedikit …
        • A. 10 tahun
        • B. 7 tahun
        • C. 5 tahun
        • D. 3 tahun
        5. Desa dapat dihapus karena …
        • A. tidak meningkatkan pendidikan
        • B. merugikan masyarakat
        • C. menimbulkan bencana nasional
        • D. bencana alam dan atau kepentingan program nasional yang strategis
        6. Kewenangan desa antara lain kewenangan berdasarkan hak asal usul, yaitu:
        • A. hak dengan memperhatikan asal usul hak tersebut
        • B. hak yang berasal dari penetapan Pemda
        • C. hak yang merupakan warisan yang masih hidup
        • D. hak yang terkait dengan adat istiadat
        7. Asas akuntabilitas dalam menyelenggarakan pemeritahan desa adalah…
        • A. asas yang mengutamakan landasan peraturan, kepatuhan, dan keadilan
        • B. asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar
        • C. asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan harus berhasil mencapai tujuan
        • D. asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir harus dapat dipertangungjawabkan
        8. Asas keberagaman dalam menyelenggarakan pemerintah desa, adalah…
        • A. asas yang mengikutsertakan kelembagaan desa dan unsur masyarakat desa
        • B. asas yang memperhatikan kebutuhan dan kepentingan masyarakat desa
        • C. asas yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban
        • D. asas yang tidak boleh mendiskriminasikan kelompok masyarakat tertentu
        9. Asas pengaturan dalam UU nomor 6 tahun 2016 tentang desa antara lain rekognisi, yaitu:
        • A. pengakuan terhadap asal usul
        • B. penetapan kewenangan
        • C. turut berperan aktif
        • D. kesamaan dalam kedudukan
        10. Penataan desa meliputi: pembentukan, penghapusan, penggabungan, perubahan status, dan…
        • A. penambahan desa
        • B. penetapan desa
        • C. pengurangan desa
        • D. pemindahan wilayah desa
        11. Penataan desa yang berupa perubahan status adalah perubahan dari :
        • A. Desa menjadi kelurahan
        • B. Kelurahan menjadi desa
        • C. Desa adat menjadi desa
        • D. Desa menjadi desa adat
        12. Asas proporsionalitas dalam penyelenggaran pemerintah desa adalah…
        • A. asas yang menjadi landasan keteraturan, keserasian, dan keseimbangan
        • B. asas yang mengutamakan keahlian yang berlandaskan kode etik
        • C. asas yang mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban
        • D. asas yang menjadi landasan keserasian, kepatuhan, dan keadilan
        13. Kewenangan desa meliputi kewenangan…
        • A. berdasarkan asal usul
        • B. lokal berskala desa
        • C. ditugaskan oleh pemerintah
        • D. semua jawaban benar
        14. Desa dapat mendirikan badan usaha milik (BUM) desa yang dapat menjalankan usaha di bidang…
        • A. perdagangan dan jasa
        • B. ekonomi dan jasa
        • C. ekonomi dan pelayanan umum
        • D. perdagangan dan pelayanan masyarakat
        15. Pengaturan desa dilaksanakan oleh pemerintah desa, yaitu kepala desa yang dibantu oleh …
        • A. perangkat desa
        • B. wakil kepala desa
        • C. badan permusyawaratan desa
        • D. unsur masyarakat
        16. Kepala desa bertugas menyelenggarakan pemerintah desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan
        • A. pemberdayaan masyarakat desa
        • B. pelayanan masyarakat desa
        • C. peningkatan kesejahteraan masyarakat desa
        • D. peningkatan pendapatan masyarakat desa
        17. Pemilihan kepala desa dilaksanakan…
        • A. secara serentak di wilayah kabupaten/kota
        • B. setiap 5 tahun sekali
        • C. berdasarkan kebutuhan yang mendesak
        • D. oleh masyarakat desa melalui badan permusyawaratan desa
        18. Lembaga pemerintahan desa terdiri atas pemerintah desa, badan permusyawaratan desa, …
        • A. lembaga kemasyarakatan desa dan lembaga swadaya masyarakat
        • B. LSM dan lembaga adat
        • C. lembaga masyarakat desa dan lembaga adat
        • D. lembaga adat dan perwakilan masyarakat
        19. Pembangunan kawasan pedesaan dilaksanakan di lokasi yang telah ditetapkan oleh…
        • A. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
        • B. Menteri Dalam Negeri
        • C. Gubernur atas usul masyarakat desa
        • D. Bupati/Walikota
        20. Kewajiban-kewajiban desa adalah:
        • A. melindungi dan menjaga persatuan dan kerukunan, meningkatkan kualitas-kualitas, mengembangkan demokrasi dan pemberdayaan masyarakat, memberikan dan meningkatkan pelayanan
        • B. melindungi dan menjaga persatuan, meningkatkan kesejahteraan dan pendidikan, meningkatkan pelayanan dan penghasilan
        • C. melindungi warga masyarakat desa, meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan kesejahateraan, meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam pergaulan masyarakat
        • D. melindungi warga masyarakat desa, menjaga persatuan dan kerukunan, meningkatkan penghasilan dan pendidikan, menjunjung tinggi demokrasi yang dibatasi peraturan yang berlaku
        21. Dalam penyusun RPJM desa dan RKP desa pemerintah desa wajib menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan desa secara partisipatifyang diikuti oleh…
        • A. badan permusyawaratan desa dan unsur masyarakat desa
        • B. lembaga kemasyarakatan desa dan tokoh masyarakat
        • C. badan permusyawaratan desa dan lembaga kemusyawaratan desa
        • D. lembaga kemasyaratan desa dan lembaga adat
        22. Program pembangunan kawasan pedesaan yang berasal dari pemerintah daerah dicantumkan dalam…
        • A. RPJMD dan RKPD
        • B. RPJMN dan RKP
        • C. RPJMD Propinsi dan RKPD Propinsi
        • D. RPJMD kabupaten/kota dan RKP kabupaten/kota
        23. Pemberdayaan masyarakat desa dilakukan oleh pemerintah, pemda propinsi, pemda kabupaten/kota, pemerintah desa, dan…
        • A. pihak ketiga
        • B. badan permusyawaratan desa
        • C. lembaga kemasyarakatan desa
        • D. lembaga adat desa
        24. Peraturan desa tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi dan tidak boleh merugikan kepentingan umum, antara lain…
        • A. terganggunya kepentingan masyarakat desa
        • B. terganggunya kerukunan antar warga masyarakat
        • C. terganggunya kepentingan pribadi masyarakat desa
        • D. terganggunya kebebasan berpendapat
        25. Dengan ditetapkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa dan PP nomor 43 Tahun 2014 yang disempurnakan dengan PP Nomor 47 Tahun 2015 sebagai pelaksanaan dari UU tersebut, untuk lebih memperkuat asas kedudukan desa sebagai kesatuan masyarakat hukum dalam penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan:
        • A. pengawasan pemerintahan desa
        • B. peningkatan peranan masyarakat desa dalam pembangunan
        • C. mengoptimalkan peran masyarakat desa dalam pembangunan
        • D. pemberdayaan masyarakat desa
        26. Pengaturan desa antara lain bertujuan…
        • A. meningkatkan pendidikan masyarakat desa
        • B. melestarikan dan memajukan adat, tradisi, dan budaya masyarakat desa
        • C. meningkatkan penghasilan masyarakat desa
        • D. meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa
        27. Kepala desa dan perangkat desa memperoleh penghasilan tetap setiap bulan yang bersumber dari…
        • A. Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah
        • B. APBN yang ditetapkan dalam APBD
        • C. Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa
        • D. APBD dan anggaran pendapatan belanja desa
        28. Perangkat desa terdiri dari :
        • A. Sekretaris desa, pelaksana kewilayahan dan pelaksana teknis
        • B. Wakil kepala desa, sekretaris desa, dan pelaksana desa
        • C. Sekretaris desa, kepala urusan desa, dan staf
        • D. Wakil kepala desa, sekretaris dan kepala urusan beserta beberapa staf
        29. Prioritas penggunaan Dana Desa didasarkan pada prinsip-prinsip keadilan, kebutuhan prioritas dan tipologi desa. Prinsip keadilan maksudnya adalah…
        • A. Dengan mengutamakan hak atau kepentingan seluruh warga desa tanpa membeda-bedakan
        • B. Dengan mendahulukan kepentingan desa yang sangat mendesak yang harus dilaksanakan
        • C. Dengan mempertimbangkan keadaan dan kenyataan karakteristik
        • D. Dengan mempertimbangkan rasa keadilan bagi masyarakat desa
        30. Selain pengasilan tetap, kepala desa dan perangkat desa menerima tunjangan yang bersumber dari…
        • A. APB Daerah
        • B. APB Desa
        • C. APBN
        • D. APB Daerah dan APB Desa
        31. Pemberdayaan masyarakat desa antara lain dilakukan dengan:
        • A. mendorong partisipasi masyarakat desa dalam perencanaan dan pembangunan desa, partisipasi dalam penyusunan kebijakan desa
        • B. mendorong masyarakat desa untuk berperan serta dalam kegiatan perekonomian/bisnis
        • C. melakukan kegiatan dalam peningkatan potensi yang dimiliki masyarakat desa
        • D. berperan serta dalam kegiatan siskamling dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban
        32. Pembangunan kawasan pedesaan untuk mempercepat kualitas pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan pendekatan…
        • A. pembangunan infrastruktur
        • B. pembangunan partisipatif
        • C. pembangunan kesetaraan
        • D. pembangunan kemandirian
        33. Rancangan pembangunan kawasan pedesaan dibahas bersama oleh:
        • A. pemerintah desa, badan permusyawaratan desa, dan lembaga kemasyarakatan desa
        • B. pemerintah, pemerintah daerah, dan pemerintah desa
        • C. pemda propinsi, pemda kabupaten/kota, dan pemerintah desa
        • D. pemerintah desa dan tokoh masyarakat
        34. Pemberdayaan masyarakat desa dilaksanakan dengan pendampingan dalam perencanaan, pelaksanaan dan
        • A. pengawasan pembangunan disegala bidang
        • B. pengawasan pembangunan dalam upaya peningkatan kesejahteraan
        • C. pemantauan dalam pelaksanaan program yang telah ditentukan
        • D. pemantauan pembangunan desa dan kawasan perdesaan
        35. Desa dapat mendirikan badan usaha milik desa (BUMDesa) yang dapat menjalankan usaha dibidang…
        • A. perdagangan dan jasa
        • B. ekonomi dan jasa
        • C. ekonomi dan pelayanan umum
        • D. perdagangan dan pelayanan masyarakat
        36. Pendirian BUM desa disepakati melalui musyawarah desa dan ditetapkan dengan…
        • A. peraturan gubernur
        • B. peraturan bupati/walikota
        • C. peraturan desa
        • D. peraturan menteri desa, pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi
        37. Pengelolaan keuangan desa sebagai dana untuk mem biayai kegiatan desa meliputi :
        • A. Perencanaan, pelaksanaan, pertanggung jawaban dan pelaporan yang dibuat setiap bulan dan setiap tahun
        • B. Perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggung jawaban
        • C. Perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pelaporan rutin
        • D. Perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pengawasan, pelaporan dan pertanggung jawaban
        38. Bantuan keuangan dari APBD diarahkan untuk…
        • A. kesejahteraan masyarakat desa
        • B. pembangunan desa
        • C. peningkatan pendidikan masyarakat desa
        • D. gaji perangkat desa
        39. Lembaga kemasyarakatan desa bertugas melakukan pemberdayaan masyarakat desa, ikut serta merencanakan dan melaksanakan pembangunan, serta meningkatkan…
        • A. pendidikan masyarakat desa
        • B. kesejahteran masyarakat desa
        • C. pelayanan masyarakat desa
        • D. penghasilan masyarakat desa
        40. Lembaga kemasyarakatan desa merupakan:
        • A. tempat aspirasi dari para tokoh masyarakat desa
        • B. wadah partisipasi dari organisasi masyarakat desa
        • C. wadah partisipasi desa sebagai mitra pemerintah desa
        • D. tempat musyawarah dari masyarakat dalam menentukan suatu persoalan/kebijakan
        41. Penghasilan tetap bagi Kepala Desa dan perangkat Desa dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa yang selanjutnya disebut APB Desa adalah bersumber..
        • A. Dari dana masyarakat desa yang merupakan iuran wajib
        • B. Dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
        • C. Dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi
        • D. Dari Alokasi Dana Desa
        42. Pemerintah, pemerintah daerah atau propinsi, dan pemerintah daerah kabupatan atau kota dalam membina dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mendelegasikan kepada:
        • A. camat atau yang disebut dengan nama lain
        • B. badan permusyawaratan desa
        • C. kepala desa
        • D. perangkat daerah
        43. Pendampingan masyarakat desa secara teknis dilaksanakan oleh …
        • A. camat atau sebutan lain dengan koordinasi
        • B. satuan kerja perangkat daerah kabupaten/kota dan dapat dibantu oleh tenaga pendamping professional, kader pemberdayaan dan pihak ketiga
        • C. badan permasyarakatan desa
        • D. lembaga kemasyarakatan desa dibantu oleh tokoh masyarakat desa yang berpengaruh dan berpengalaman
        44. Yang dimaksud dengan penetapan desa adat adalah:
        • A. penetapan desa yang telah ada menjadi desa adat oleh bupati/Walikota
        • B. penetapan kelurahan yang telah ada menjadi desa adat
        • C. penetapan kampungdesa yang telah ada menjadi desa adat oleh Bupati/Walikota
        • D. penetapan kesatuan masyarakat hukum adat dan desa adat yang telah ada menjadi desa adat dengan perda kabupaten atau kota
        45. Desa adat adalah sebuah kesatuan masyarakat hukum adat yang berwenang mengatur dan mengurus kepentingan masyarkat desa berdasarkan…
        • A. hak asal usul
        • B. hak para leluhur
        • C. hak dari tokoh masyarakat desa
        • D. musyawarah dan kekeluargaan
        46. Dana Desa adalah dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukan bagi Desa yang ditransfer melalui…
        • A. Alokasi Dana Desa yang merupakan dana perimbangan
        • B. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi
        • C. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota
        • D. Badan Usaha Milik Desa yang dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakatdesa
        47. Pencairan dana desa 2016 dilakukan dalam
        • A. 2 tahap
        • B. 3 tahap
        • C. 4 tahap
        • D. 5 tahap
        48. Dalam pelaksanaan kegiatan sebagai realisasi dari program yang telah ditetapkan oleh pemerintah desa, masih diperlukan pendampingan dalam upaya agar:
        • A. tidak ada penyimpangan yang dapat merugikan masyarakat desa
        • B. program dapat dilaksanakan dengan baik sesuai jadwal dan penyimpangan dapat diminimalisasi
        • C. penundaan program dapat dihindari sehingga kerugian minimal dapatditekan
        • D. program dapat dilaksanakan dengan lancar dan benar sesuai jadwal tanpa adanya penyimpangan
        49. Seluruh pendapatan desa diterima dan disalurkan melalui :
        • A. Rekening kas desa
        • B. Rekening kepala desa
        • C. Rekening BUM desa
        • D. Rekening bendahara desa
        50. Tenaga ahli pemberdayaan masyarakat dalam pendampingan bertugas memantau
        • A. pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan dan pelatihan
        • B. meningkatkan kapasitas tenaga pendamping
        • C. meningkatkan kualitas masyarakat desa agar bisa mandiri
        • D. memantau kegiatan pelaksanaan program

        Itulah diatas contoh soal tes Tertulis Pendamping Desa tahun 2017 - 2018. Sebagai tambahan bahan pelajaran, silahkan pelajari juga UU no. 6 tahun 2014 dan PERMENDAGRI karena dibeberapa wilayah, bahan tentang UU no. 6 tahun 2014 dan PERMENDAGRI yang masuk dalam soal tesnya. Semoga Informasi yang saya bagikan ini Bermanfaat dan Semoga sukses.
        Selamat menanti Penerimaan Pendamping desa 2019.


        Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

        Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah

        Info Lomba Berhadiah . Lomba menulis Cerpen . Ini ada info Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah untuk sobat IDDEV yang...