Kamis, 06 Agustus 2015

Penerimaan Pendaftaran / Rekrutmen Pendamping Desa 2015 Sudah Dibuka

Pendamping Desa 2015 - Kabar gembira bagi pencari kerja se Indonesia. Saat ini Penerimaan Pendaftaran / Rekrutmen Pendamping Desa 2015 Sudah Mulai Dibuka Agustus 2015 ini.

Sebagai Upaya pemerintah untuk kelancaran program pembangunan daerah khususnya hingga tingkat Pedesaan maka Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi membuka lowongan / rekrutmen / penerimaan tenaga Pendamping Desa Periode tahun 2015. Pendamping ini akan menempati posisi Pendamping Desa tingkat kecamatan, Tingkat Kabupaten dan Tingkat Provinsi.

Kegiatan atau Lowongan Pendamping Desa ini sebenarnya sebagai alternatif atau pengganti PNPM bagi tenaga pemberdaya masyarakat mengingat program PNPM sudah mulai berakhir.

Secara umum, Posisi yang dibuka untuk tenaga pendamping 2015 serta tempat kedudukannya antara lain:

  1. TENAGA AHLI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (Berkedudukan di Kabupaten/Kota)
  2. TENAGA AHLI INFRASTRUKTUR DESA Berkedudukan di Kabupaten/Kota)
  3. TENAGA AHLI PEMBANGUNAN PARTISIPATIF (Berkedudukan di Kabupaten/Kota)
  4. TENAGA AHLI PEMBERDAYAAN EKONOMI DESA (Berkedudukan di Kabupaten/Kota)
  5. TENAGA AHLI PENGEMBANGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA (Berkedudukan di Kabupaten/Kota)
  6. TENAGA AHLI PENGEMBANGAN PELAYANAN DASAR (Berkedudukan di Kabupaten/Kota)
  7. PENDAMPING DESA (Berkedudukan di Kecamatan)
  8. PENDAMPING LOKAL DESA (Berkedudukan di Desa)

Hingga saat info ini saya tuliskan sudah ada beberapa daerah yang sudah membuka Pendaftaran Pendamping Desa diantaranya:

Provinsi Aceh info: http://www.bpm.acehprov.go.id/ Hingga 10 Agustus 2015
Provinsi Kalimantan Utara : http://kaltim.tribunnews.com/ Hingga 8 Agustus 2015

Bahkan kemungkinan semua daerah sudah membuka pendaftaran untuk pendamping Desa hanya saja belum sempat disebarkan secara Online.

Informasi secara offline bisa dilihat pada BPMDES / BPMD di daerah masing masing (tingkat kabupaten/kota)

Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua, dan semoga pembangunan bisa terus berjalan.

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Selasa, 14 Juli 2015

Syarat Pendaftaran TAMTAMA / Brimob / Polair Polri Indonesia

Pendaftaran Polisi. #tamtamapolri #brimob #Polair Info Syarat Pendaftaran TAMTAMA / Brimob / Polair Polisi Polri Indonesia. Tamtama Polri merupakan Insan Bhayangkara yang memiliki sikap perilaku, pengetahuan dan keterampilan tugas umum kepolisian dan kemampuan dasar Brimob / Polair didukung dengan kondisi fisik yang samapta sebagai pemelihara Kamtibmas, penegak hukum, pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat yang profesional, bermoral, modern, unggul, humanis dan dipercaya masyarakat.

Syarat Masuk Tamtama / Brimob / Polair Polri


Syarat Masuk Tamtama / Brimob / Polair Polri. Untuk menjadi seorang Brimob atau Polair Polri, kita harus mendaftar Polisi melalui jalur pendaftaran TAMTAMA Polri. Untuk Mendaftar Tamtama Polri anda harus memenuhi Syarat berikut ini:
Syarat Pendaftaran TAMTAMA / Brimob / Polair Polri Indonesia

Syarat Persyaratan Pendaftaran Umum :

  • warga Negara Indonesia (pria atau wanita);
  • beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  • pendidikan paling rendah SMU / SMA / Madrasah Aliyah / SMK;
  • usia min 18 tahun (pada saat dilantik menjadi anggota polri);
  • sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);
  • tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) dari polres setempat;
  • berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;
  • lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota kepolisian.

Persyaratan Khusus :
  1. Pria bukan anggota/mantan Polri/TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI
  2. berijazah serendah-rendahnya SMA/sederajat jurusan IPA/IPS/Bahasa (bukan lulusan Paket A dan B) atau SMK yang sesuai dengan kompetensi tugas Polri (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan kriteria lulus dan diutamakan memiliki kualifikasi mengemudi (dengan melampirkan Surat Izin Mengemudi (SIM B))
  3. bagi yang masih duduk di kelas 3 SMA/sederajat atau SMK menggunakan nilai rata-rata rapor semester 1 (satu) setelah dinyatakan lulus menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyaratan butir b
  4. umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Tamtama Polri minimal 17 tahun 8 bulan dan maksimal 22 tahun
  5. tinggi badan minimal 165 cm, khusus etnis Melanesia (Polda Papua dan Papua Barat) 163 cm;
  6. tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat;
  7. dinyatakan bebas narkoba dengan menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari instansi kesehatan pemerintah (RS Pemerintah atau Klinik BNN/BNP/BNK);
  8. bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian;
  9. berdomisili minimal 2 tahun di wilayah Polda tempat mendaftar dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk/Kartu Keluarga dan surat keterangan domisili dari Lurah/Kades setempat dengan diketahui oleh Kapolsek;
  10. belum pernah menikah dan atau mempunyai anak kandung/biologis serta sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Tamtama Polri, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus, dibuktikan dengan surat keterangan Lurah/Kades;
  11. bersedia menjalani ikatan dinas minimal selama 10 (sepuluh) tahun, terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri;
  12. memperoleh persetujuan dari orang tua/wali;
  13. tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain;
  14. bagi calon/peserta yang berusaha menggunakan sponsor/koneksi dengan cara menghubungi lewat telepon/surat kepada panitia/pejabat yang berwenang melalui orang tua/wali/keluarga atau pihak lain akan didiskualifikasi
  15. bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan :
    • mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi yang bersangkutan
    • bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Tamtama Polri
  16. mengikuti dan lulus pemeriksaan / pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi materi dan urutan giat sebagai berikut :
1.    ) pemeriksaan administrasi awal;
2.    ) pemeriksaan kesehatan tahap I;
3.    ) pemeriksaan dan ujian psikologi;
4.    ) ujian kesamaptaan jasmani
5.    ) pengujian Akademik;
6.    ) pemeriksaan kesehatan tahap II (termasuk Kesehatan Jiwa);
7.    ) pendalaman PMK (Penelusuran Mental Kepribadian)
8.    ) pemeriksaan administrasi akhir;
9.    ) sidang terbuka kelulusan akhir;

Jika memenuhi syarat dan tertarik, silahkan melihat Syarat Berkas yang harus dipenuhi : DISINI.
Informasi Pendaftaran Polisi bisa dilihat di : Info Penerimaan Pendaftaran Polisi Polri secara Online
Tag; #polisi #polri #tamtama #brimob #polair

Senin, 13 Juli 2015

Penerimaan Pendaftaran CPNS 2015 Resmi Ditunda Tahun Depan 2016

Informasi Pendaftaran Penerimaan CPNS 2016 dan Untuk Pendaftaran Seleksi penerimaan CPNS 2015 tahun ini resmi ditiadakan seiring keputusan dari Yuddy Chrisnandi sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Dan Kebijakan tersebut telah diwujudkan dalam Surat Edaran dengan nomor B/2163/M.PAN-RB/06/2015.

para pejabat pembina kepegawaian baik di pusat dan baik kepala daerah yang akan menerima surat tersebut. dalam Surat edaran yang bertanggal 30/06/15 tersebut telah diketahui beberapa alasan yang menyebabkan CPNS 2015 ditiadakan atau dihentikan dulu serta pengumuman jika CPNS akan dibuka kembali pada 2016.

Dan Beberapa alasan peniadaan CPNS pada tahun 2015 seperti dari lembaga daerah ada yang belum merampungkan penentuan peta jabatan dan struktur organisasi, catatan resmi jumlah PNS yang sudah ada, berapa jumlah pegawai yang dibutuhkan, hingga berapa jumlah PNS yang akan purna tugas.

Dan Sedangkan dari pihak lembaga pusat belum menentukan kisaran biaya yang harus digelontorkan untuk pengadaan naskah soal, biaya untuk mengunggah soal ke sistem computer assisted test (CAT), serta biaya untuk melakukan penyeleksian.

Berdasarkan belum matannya persiapan di lapangan, Yuddy mengatakan jika CPNS 2015 ditiadakan baik seleksi penerimaan CPNS di lingkungan kementerian/lembaga maupun seleksi CPNS yang berada di pemerintah daerah.


CPNS 2016Dan Supaya nantinya CPNS 2016 bisa dilaksanakan dengan baik maka Yuddy mengharapkan agar pihak – pihak terkait untuk segera melakukan beban kerja, penghitungan jabatan,  hingga berapa jumlah pegawai yang akan dibutuhkan dalam waktu 5 tahun yang datang.

Dan Selain itu masalah biaya juga harus diperhitungkan juga mulai dari sekarang, mengingat biaya penyelenggaraan CPNS memerlukan biaya yang sangat cukup besar sekali. Oleh sebab itulah biaya CPNS 2016 sudah benar – benar harus dimatangkan pada tahun ini.

Dan Untuk Informasi tambahan akan CPNS juga disampaikan oleh Herman Suryatman, KemenPAN-RB. Herman mengatakan jika pengiriman e-formasi CPNS haruslah sudah masuk dalam data pemerintah pusat maksimal bulan November 2015.

Dan Berdasarkan beberapa alasan itulah, Yuddy Chrisnandi, MenPAN-RB menyatakan jika CPNS 2015 ditiadakan. Pernyataan ini semakin dipertegas dengan SE yang akan diedarkan kepada sejumlah pejabat pembina kepegawaian di pusat dan kepala daerah.

Dan untuk Seleksi penerimaan CPNS akan dimulai lagi pada tahun 2016. Sehingga dengan persiapan yang lebih dimatangkan terlebih dulu, CPNS 2016 akan lebih siap untuk dilaksanakan.


Selasa, 07 Juli 2015

Sekitar 200 Guru Honorer di Kabupaten Bandung Diangkat Jadi CPNS

Pendaftaran Penerimaan CPNS 2016 Sekitar 200 Guru Honorer di Kabupaten Bandung Diangkat Jadi CPNS Informasi selanjutnya adalah Sebanyak 363 tenaga honorer dengan jumlah 200 orang di antaranya adalah guru akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil dan Pengangkatan ini adalah bentuk dari tindak lanjut dari kelulusan tes pengangkatan tenaga honorer kategori dua (K-2).

Dan Dalam pengarahan kepada para CPNS-Calon Pegawai Negeri Sipil, Bupati Bandung Dadang M.Naser mengatakan, bahwa kerja CPNS dalam melayani masyarakat adalah bentuk bagian dari jihad kepada Allah Swt. "Dan Untuk itu, kerja harus dijadikan bagian dari sebagian ibadah sehingga harus ikhlas dalam melayaninya. Dan Kami minta agar terus tingkatkan kinerja setelah dari tenaga honorer menjadi CPNS nantinya. Dan Tinggal satu tahapan lagi yaitu dari CPNS menjadi PNS," katanya.

CPNS 2016

Untuk Penyerahan surat keputusan CPNS untuk 363 orang dihadiri oleh Sekda Kab. Bandung Sofian Nataprawira dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kab.Bandung Erick Djuriara Ekananta.

Dan Lebih jauh lagi Dadang M. Naser mengatakan, CPNS harus bisa belajar norma-norma kepegawaian dan aturan-aturan lainnya sehingga bisa memahami kewajiban maupun larangan sebagai PNS Nantinya. "Dan Ikuti semua aturan yang sudah ada dan harus jadi sebagai contoh bagi pegawai yang lainnya termasuk tenaga honorer yang masih banyak," katanya ~ CPNS 2015.


Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Rabu, 01 Juli 2015

Memanfaatkan E-Formasi untuk Informasi CPNS Terbaru 2015

Pendaftaran CPNS 2016 Memanfaatkan E-Formasi untuk Informasi CPNS Terbaru 2015 - 2016 Berikut dia Tentang Informasi CPNS 2015 terbaru yaitu akan diperpanjangnya Usulan e-formasi CPNS. Informasi yang sebenarnya sudah ditutup pada 18 Mei 2015 dan mengemuka setelah adanya penundaan rekrutmen CPNS 2015 tahun ini.

Dan Untuk Mengingat masih banyak instansi yang belum menyampaikan data riil jumlah PNS yang lengkap, maka pengajuan e-formasi diperpanjang sampai akhir November 2015, tutur Herman Suryatman, Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) seperti dikutip JPNN pada Kamis (02/07).


Informasi CPNS 2016

Dan Bpk.Herman menjelaskan juga bahwa e-formasi CPNS tersebut memiliki berbagai data yang bisa digunakan. Ada peta jabatan yang sesuai dengan hasil analisis jabatan (anjab), ada jumlah kebutuhan pegawai yang berdasa pada hasil analisis beban kerja, ada informasi jumlah riil pegawai negeri sipil yang masih tersedia, serta informasi perkiraan PNS yang capai BUP pada tiap tahun nya.

Dan Selain itu ada informasi jumlah PNS yang pindah dan mutasi secara intansi, ada informasi mengenai PNS yang meninggal dunia dan berhenti, serta ada nya informasi mengenai kelebihan atau kekurangan pegawai dalam e-formasi CPNS.

Dan Data e-formasi CPNS tersebut sebetulnya juga sangat berguna untuk informasi CPNS 2015 jika memang ada penerimaan CPNS. Nah dari hasil evaluasi entry data dalam e-formasi masing-masing instansi yang masuk sampai Mei, masih banyak yang tidak sesuai standar yang ditetapkan. Karena itu harus diperbaiki lagi, ujar Herman.

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Senin, 29 Juni 2015

Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM)

pendaftaran-cpns.blogspot.comContoh Usaha Kecil Menengah (UKM) merupakan judul tulisan yang mimin angkat pada edisi hari ini. Mimin akan mulai dari definisi UKM hingga contoh-contoh UKM seperti apa yang layak dicoba oleh para pengusaha pemula.

Pengertian dan Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM)

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah suatu bentuk usaha yang terbilang kecil pada masyarakat yang pendiriannya berdasarkan inisiatif pribadi. Adanya Usaha Kecil Menengah (UKM) sangat berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran yang ada di Indonesia. Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat menyerap banyak tenaga kerja Indonesia yang masih banyak mengganggur. Usaha Kecil Menengah (UKM) telah berkontribusi besar untuk pendapatan daerah hingga pendapatan Negara. Peran Usaha Kecil Menengah (UKM) juga sebagai sarana untuk memanfatkan berbagai Sumber Daya Alam (SDA) yang berpotensial di suatu daerah yang belum diolah secara komersial. Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat membantu mengolah Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di setiap daerah yang nantinya merupakan olahan khas daerah. Hal ini berkontribusi besar terhadap pendapatan daerah maupun penegenalan kekayaan budaya dan sumber daya dari Negara Indonesia secara meluas.

Ciri-ciri usaha kecil Menengah (UKM)

• Jenis barang/produk yang diusahakan biasanya selalu tersedia/ tidak gampang berubah;
• Lokasi dan tempat usaha pada umumnya sudah menetap tidak berpindah-pindah;
• sudah melakukan administrasi keuangan walau masih sederhana, pembukuan keuangan perusahaan dipisahkan dengan keuangan keluarga, dan sudah membuat neraca usaha; (caranya bisa belajar ma anak ekonomi akuntansi, heheeh)
• Memiliki surat izin usaha dan persyaratan legalitas yang lainnya seperti NPWP;
• Sumberdaya manusia (SDM)/ si pengusaha memiliki pengalaman dalam berwira usaha;
• Sebagian sudah bias nego ke perbankan dalam hal peminjaman untuk keperluan modal usaha;
• Sebagian besar masih kurang dapat merencanakan manajemen usaha dengan baik seperti business planning.

Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM)

Berikut beberapa contoh usaha kecil menegah yang bisa menjadi pilihan teman-teman yang baru mulai ingin belajar menjadi pengusaha. Dibawah ini mimin rekomendasiin beberapa contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) :

1.        Usaha Manufaktur (Manufacturing Business) usaha yang mengubah input dasar menjadi barang yang bisa dijual kepada konsumen.
Contohnya :
-       konveksi yang menghasilkan pakaian jadidari bahan mentah (kain)
-       Pengrajin bambu yang menghasilkan mebel, hiasan rumah, souvenir dan sebagainya.
-       Pengolah sampah menjadi barang ekonomis, seperti : usaha tas dari bekas gelas air miniral, usaha souvenir dari batok kelapa, dll
-       Usaha budidaya dan pembibitan udang

2.       Usaha Dagang (Merchandising Business) usaha yang menjual produk yang sudah ada kepada konsumen.
Contohnya :
-       Usaha jajanan tradisional yang dijual pada pusat jajanan tradisional
-       toko kelontong/warung/kios yang menjual semua kebutuhan sehari-hari.

3.       Usaha Jasa (Service Business) usaha yang menghasilkan jasa, bukan menghasilkan produk atau barang untuk konsumen.
Contoh :
-       jasa pengiriman barang
-       jasa warung internet (warnet) yang menyediakan alat dan layanan kepada konsumen agar mereka bisa menggunakan internet dengan cara menyewa jasa warnet.
-       Jasa wartel untuk menyediakan jaringan komunikasi bagi konsumen
-       Jasa travel, menyediakan tiket dan paket perjalanan kepada konsumen

Mudah-mudahan denga penjelasan di atas bisa dipahami dan semoga bisa menambah wawasan teman-teman pembaca yang baik hati. Super sekali, hahhahah :D
oke, ahir kata, terimakasih sudah mampir, wassalam ^_^


Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Minggu, 28 Juni 2015

Pengertian, Format Dan Contoh Surat Pengantar

Pengertian, Format Dan Contoh Surat Pengantar – dalam dunia kerja dan usaha, masalah surat menyurat merupakan hal yang lumrah, apalagi mengenai surat pengantar. Tapi walaupun surat menyurat sudah menjadi hal yang wajib dalam dunia kerja, masih banyak karyawan karyawati yang belum paham atau masih kurang mengerti dengan pengertian, format dan contoh surat pengantar, karena itulah hari ini mimin mencoba menulis mengenai pengertian, format dan contoh surat pengantar.

Pengertian Surat Pengantar

sebelum membuat surat sebaiknya diketahui dahulu pengertian surat pengantar. Surat pengantar merupakan surat yang dibuat dengan tujuan untuk memberitahukan pada pihak yang dituju bahwa hal yang ingin dilakukan oleh si pembawa surat telah diketahui dan atas ijin seseorang yang bertanggung jawab. Contohnya, ketika mahasiswa ingin melakukan suatu penelitian di sebuah perusahaan/instansi misalnya, maka mahasiswa tersebut harus membawa surat pengantar dari kampus yang ditanda tangani oleh ketua jurusan atau Dekan Fakultas yang terkait, semisal orang yang berwenang dalam kampus yang mengijinkannya untuk melakukang penelitian di perusahaan tersebut.

Format Surat Pengantar

Format surat pengantar tidak jauh beda dengan format-format surat resmi yang lain. Yaitu jika surat tersebut dikeluarkan/ditulis/dibuat oleh instansi atau perusahaan maka perlu adanya kop surat yang berisi nama dan alamat instansi/perusahaan tersebut. Kemudian alamat yang dituju, isi surat, penutup dan tanda tangan serta nama pembuat surat.

Contoh Surat Pengantar

Agar lebih mudah dipahami mengenai pengertian, format dancontoh surat pengantar, langsung saja lihat contoh surat pengantar berikut :

YAYASAN WAKAF UMI
UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
FAKULTAS TEKNIK
KAMPUS II. JL. URIF SUMOHARJO KM. 05 TELP. (0411) 443665 MAKASSAR
_____________________________________________________________________________________________

Nomor                  :        /      / FT-UMI/      /2014
Lamp                     :  -
Hal                          :  PERMINTAAN IZIN UNTUK PENGAMBILAN DATA

                                                     
Kepada Yth.,
Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan
Cq. Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Daerah
( Balitbangda ) Provinsi Sulawesi Selatan
Di-
                Makassar


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dengan Rahmat Allah SWT, sehubungan dengan penyelesaian Tugas Akhir bagi Mahasiswa :

Nama                             :   Ghifary Furqan Akhmad Putra Agus Salim
Stambuk                       :   034 290 006
Judul Tugas Akhir        :  Makassar Elektronic Center (Penekanan pada Arsitektur Hi - Tech)

Memohon kepada Bapak, agar mahasiswa tersebut di atas dapat diberikan surat pengantar kepada :

(1). Dinas Ekonomi dan Perdagangan
(2). Bapeda Kota Makassar Prov.Sul-Sel
(3). Dinas Pusat Statistik Kota Makassar
(4). Dinas Tata Ruang Wilayah Kota Makassar


Untuk pengambilan data-data yang dibutuhkan dan diperlukan dalam rangka penyelesaian Tugas Akhir Sarjana yang diwajibkan kepadanya berjudul :

Elektronic Center di Makassar (Pendekatan Arsitektur Hi - Tech)


Demikian surat ini dibuat, atas perhatian dan kerja sama yang baik di ucapkan terima kasih.
Wallahu Walliyut Taufiq Walhidayah

                                                                                                                 Makassar,   November 2014
                                                                                                                                      Dekan,


Dr. Ir. H. Hanafi Ashad, MT
                                                                                                                           Nips : 103 910 476
Tembusan :
1.       Ketua Jurusan
2.       Arsip

Untuk lebih jelasnya, lihat gambar pengertian, format dan contoh surat pengantar berikut ini :

Pengertian, Format dan contoh surat pengantar pengambilan data penelitian untuk mahasiswa skripsi tugas ahir

Terima kasih sudah sempat membaca tulisan edisi pengertian, format dan contoh surat pengantar ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman pembaca yang sedang belajar membuat surat yang baik dan benar.  Ada pula contoh surat lainnya disini, kali aja ada contoh surat yang teman-teman pembaca cari.


Ahir kata, jangan lupa minum setelah makan yah, biar gak keselak, sampai jumpa ^_^

Info Pengumuman Penerimaan Pendaftaran Lowongan Kerja CPNS Online

Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah

Info Lomba Berhadiah . Lomba menulis Cerpen . Ini ada info Lomba Menulis Cerpen Se ASEAN Berhadiah Uang Jutaan Rupiah untuk sobat IDDEV yang...